Senin 14 Desember 2020, 01:12 WIB

Cory-Theo Bersaing Ketat dengan Jusua-Saberina di Pilkada Karo

Yoseph Pencawan | Nusantara
Cory-Theo Bersaing Ketat dengan Jusua-Saberina di Pilkada Karo

DOK MI
Ilustrasi

 

PERSAINGAN Pilkada Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berlangsung ketat. Hingga hari ketiga penghitungan suara, pasangan Cory Sriwaty Sebayang-Theo Pilus Ginting hanya unggul tipis, sekitar 1% dari pasangan Jusua Ginting-Saberina Tarigan.

Perolehan tersebut mengacu pada penghitung suara berdasarkan data dari hasil foto formulir Model C. Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui sistem Sirekap milik KPU.

Dalam laman pilkada2020.kpu.go.id tercantum sampai dengan pukul 21.36 WIB, Minggu (13/12), pasangan Cory-Theo yang diusung Partai Gerindra dan PPI mendapat 30,2% atau 35.479 suara. Sedangkan pasangan Jusua-Saberina yang diusung Partai NasDem, Hanura dan PKPI membututi ketat dengan perolehan sementara 29,2% atau 34.293 suara. Progres penghitungan ini masih menyentuh angka 62,35% atau 578 dari 927 TPS dalam Pilkada Karo 2020.

Dari sebanyak 17 kecamatan di Kabupaten Karo, pasangan Jusua-Saberina untuk sementara menguasai lima kecamatan dari empat paslon lain yakni Kecamatan Kabanjahe, Berastagi, Tigapanah, Payung dan Naman Teran. Adapun Cory-Theo unggul di sembilan kecamatan yaitu Barusjahe, Merek, Munte, Tigabinanga, Laubaleng, Mardingding, Kutabuluh, Dolat Rayat, dan Tiganderket.

Sedangkan perolehan sementara tiga paslon lain, Cuaca Bangun-Agen Purba 11,6%, Iwan Depari-Budianto Surbakti 27,2%, dan Yus Felesky Surbakti-Paulus Sitepu 1,7%. Namun data tersebut bukan menjadi hasil resmi penghitungan perolehan suara.

"Saat ini proses penghitungan masih di tingkat kecamatan," ujar Komisioner KPU Karo Ricardo Sitepu, Minggu (13/12).

Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang, sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka panitia pemilihan dan KPU. (R-1)

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto

Pemprov NTT Tunda Kenaikan Tarif ke Komodo dan Padar

👤Palce Amalo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:16 WIB
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda penerapan tarif masuk ke Pulau Padar dan Pulau Komodo sebesar Rp3.750.000 per...
Ist

Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tomohon Optimalisasi Peran Nakes

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 07:37 WIB
Prevalensi nagka stunting Kota Tomohon sendiri berada di angka 18,3%. Secara nasional, pemerintah menentukan target prevalensi...
MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya