Sabtu 05 Desember 2020, 20:38 WIB

Masyarakat Surabaya Komit Menangkan Machfud Arifin-Mujiaman

mediaindonesia.com | Nusantara
Masyarakat Surabaya Komit Menangkan Machfud Arifin-Mujiaman

Ist
Paslon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman bersama istri.

 

PENCOBLOSAN Pemilihan Kepala Daerah Surabaya 2020 tidak terasa tinggal menghitung hari. Pada 9 Desember nanti dipastikan masyarakat Kota Surabaya akan berbondong-bondong menyambangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memilih pemimpin selanjutnya Kota Pahlawan.

Kendati masih empat hari lagi, masyarakat Kota Surabaya telah memastikan kemenangan untuk pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman.

Hal ini lantaran pasangan yang didukung delapan partai termasuk NasDem dikenal peduli tersebut dipercaya mampu memajukan Kota Surabaya di masa mendatang.

"Masyarakat sangat mengharapkan pemimpin selanjutnya dapat memajukan Kota Surabaya dan di Pilwali ini hanya Pak Machfud Arifin dan Pak Mujiaman saja yang dinilai mampu untuk mewujudkan itu. Karena itu, kemenangan untuk paslon nomor 2 sudah dapat dipastikan walaupun pencoblosan tinggal menghitung hari lagi," ungkap tokoh masyarakat Surabaya, Arif Fathoni.

Pernyataan tokoh masyarakat itu turut dibenarkan berdasarkan tiga hasil survei. Hasil survei pertama dikeluarkan oleh lembaga survei paling akurat berdasarkan hasil Pemilihan Umum Presiden 2019, yakni Poltracking Indonesia.

Lembaga survei binaan Hanta Yuda ini mengatakan paslon yang dikenal peduli tersebut menang telak dengan selisih 17,6% suara.

"Dengan simulasi surat suara elektabilitas pasangan Machfud Arifin-Mujiaman 51,7% dan Eri-Armuji 34,1%," ungkap Manajer Riset Poltracking Indonesia, Masduri.

Di samping Poltracking Indonesia, kemenangan juga terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). FISIP UINSA menyatakan Machfud Arifin-Mujiaman menang dengan memperoleh 46% elektabilitas. 

Sedangkan, Eri-Armuji mendapatkan 42,86% elektabilitas dari masyarakat Kota Surabaya. Dengan ini, Machfud Arifin-Mujiaman unggul 3,14% dari pasangan Eri-Armuji. 

"Machfud Arifin-Mujiaman unggul 3,14%," ujar Kepala Prodi Ilmu Politik FISIP UINSA, Holilah.

Baru-baru ini, kemenangan dikemukakan oleh Lembaga survei Accurate Research and Consulting (ARC) Indonesia. Dari sisi elektabilitas pasangan yang dikenal peduli Machfud Arifin dan Mujiaman menang hingga 8,54% dari pesaingnya. 

Dari rilis yang disampaikan, Machfud Arifin-Mujiaman memiliki elektabilitas di angka 49,81%. Di sisi lain, pesaingnya memperoleh elektabilitas sebesar 41,27%. 

"Dengan ini paslon nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman unggul dari pesaingnya sebesar 8,54% menjelang pencoblosan," terang Baehaqi Siraj Direktur Eksekutif ARC Indonesia. (RO/OL-09)

Baca Juga

Sumber: Kemensos.Tim Riset.MI-NRC

Bantuan Korban Bencana Mengalir

👤Lina Herlina 🕔Minggu 17 Januari 2021, 05:00 WIB
BERBAGAI bantuan kemarin terus mengalir dari pemerintah pusat dan daerah untuk korban bencana alam seperti gempa di Sulawesi Barat dan...
ANTARA

Masyarakat Sulut Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 03:00 WIB
Cuaca ekstrem di Sulawesi Utara pada beberapa hari belakangan ini, menurut pantauan BMKG, lanjut dia, selain La Nina ada beberapa fenomena...
Antara

Tiga Wakil Rektor USU Tolak SK Rektor Soal Autoplagiat

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 21:24 WIB
Ketiganya meyakini keputusan tersebut tidak melalui mekanisme pengambilan keputusan yang sesuai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya