Rabu 09 September 2020, 19:15 WIB

Panen Melimpah Harga Cabai di Mabar Anjlok

John Lewar | Nusantara
Panen Melimpah Harga Cabai di Mabar Anjlok

MI/John Lewar
Panen melimpagh harga cabai dan sayuran di Manggarai Barat, NTT, turun drastis.

 

HARGA cabai berbagai jenis di Pasar Tradisional Labuanbajo Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), terus turun. Padahal sebelumnya sempat tembus Rp85 ribu/kg. Kini harganya turun drastis hanya Rp15 ribu/kg, karena panen melimpah.

Elisabet Losa pedagang sayur mayur di pasar baru Desa Gorontalo, Labuanbajo mengatakan menurunnya harga cabe berbagai jenis karena banyaknya pasokan dari beberapa wilayah. Seperti dari kabupaten Ngada, Manggarai Timur dan Manggarai yang saat ini panen cabai.

"Cabai dan sayuran belakangan ini harganya terus menurun, sebab banyak pasokan membuat adanya persaingan harga sehingga harga cabai turun. Harganya sekarang Rp15 ribu/kg" uajar Elisabeth, Rabu (9/9).

Terkait ini, Kepala Dinas Perindustrian UMK dan Perdagangan Mabar, Fransiskus Xaverius Syukur menyatakan memang terjadi kondisi sebalinya. Sebelumnya terjadi kenaikan harga cabai dan sayuran sangat signifikan, karena pasokan sedikit.

"Kalau harga cabai berbagai jenis menurun karena pasokan terus meningkat sehingga terjadi persaingan harga jual sehingga harga turun mencapai Rp15 ribu/kg. Pasokan banyak penjual membutuhkan dagangannya laku ya harga turun," terangnya.

Untuk harga bawang merah dan putih, jelas dia, masih menunggu pasokan sehingga harga naik dalam sebulan belakangan ini. Intervensi pasar akan dilakukan dengan mendatangkan barang dari luar NTT, seperti dari Sulawesi, Bali atau Jawa.

"Tentu pedagang akan datangkan Bawang baik dari NTB, Bali, Jawa maupun Sulawesi agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini tak lama lagi, "katanya. (OL-13)

Baca Juga: Buka Akses Jalan Selatan Sumba, NTT Siapkan Rp80 Miliar

Baca Juga

Ist

Putu Dedi dan Anggota KSM Kelola Sampah Dijadikan Kompos dan Pellet

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 16:33 WIB
Pemerintah Desa Paksebali dan PT Indonesia Power Bali PGU berkolaborasi dengan program untuk mengatasi permasalahan sampah yang...
MI/CRI QANON RIA DEWI

Triwulan III-2021, Aset Perbankan Lampung Tumbuh 7,43%

👤Cri Qanon Ria Dewi 🕔Senin 06 Desember 2021, 15:30 WIB
Di tengah situasi pandemi covid-19 yang saat ini cenderung melandai, industri jasa keuangan tetap menjaga kinerja untuk menjadi lebih...
DOK/HARRIS HOTEL

Menyambut Liburan Akhir Tahun bersama HARRIS & POP! Hotels Festival Citylink Bandung!

👤Media Indonesia 🕔Senin 06 Desember 2021, 14:35 WIB
 HARRIS & POP! Hotels Festival Citylink Bandung! membuat perayaan akhir tahun dan tahun baru di Kota Bandung lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya