Selasa 12 November 2019, 16:13 WIB

Iuran BPJS Naik, Dinkes Banyumas Ajukan Kenaikan Anggaran 100%

Lilik Darmawan | Nusantara
Iuran BPJS Naik, Dinkes Banyumas Ajukan Kenaikan Anggaran 100%

MI/Cikwan Suwandi
Pemkab Banyumas menanggung iuran untuk 50 ribu warga tidak mampu. Anggaran untuk biaya kesehatan dibebankan di APBD 2020 naik 100%.

 

DINAS Kesehatan (Dinkes) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mengusulkan kenaikan anggaran hingga 100% untuk Kartu Banyumas Sehat (KBS). Alasannya KBS telah terintegrasi dengan layanan BPJS, maka ketika iuran naik secara otomatis anggaran bakal melonjak. Kepala Dinkes Banyumas Sadiyanto mengatakan pemkab menanggung iuran untuk 50 ribu warga tidak mampu.

"Pemkab mempunyai program KBS dengan mengalokasikan dana untuk 50 ribu warga. Kini KBS tersebut telah diintegrasikan dengan BPJS Kesehatan. Sehingga pemkab membayar iurannya. Dengan adanya rencana naiknya iuran, maka kami juga mengajukan kenaikan anggaran," kata Sadiyanto pada Selasa (12/11/2019).

Sadiyanto mengungkapkan pengajuan anggaran naik hingga 100%. Jika sebelum ada kenaikan alokasi mencapai Rp13 miliar, maka pada APBD 2020 diajukan senilai Rp26 miliar.

"Naiknya anggaran itu lantaran ada rencana kenaikan iuran termasuk kelas III. Naiknya anggaran disesuaikan dengan prosentase kenaikan iuran," ungkapnya.

baca juga: Temanggung Uji Coba Sumur Pantek Hadapi Musim Tanam

Sadiyanto mengatakan warga kurang mampu yang dipenuhi kewajibannya oleh pemkab tersebut merupakan warga yang tidak masuk dalam penerima bantuan Iuran (PBI) untuk JKN-KIS. Sehingga, pemkab yang kemudian mengambil alih tanggung jawab.

"Sebab, kalau penerima PBI ditentukan oleh pemerimtah pusat. Untuk Banyumas, jumlah pesertanya mencapai 800 ribu orang," ujarnya. (OL-3)

 

Baca Juga

DOK MI

Calon Kades Di Garut Wajib Jalani Tes Narkotika

👤Kristiadi 🕔Kamis 15 April 2021, 01:34 WIB
BADAN Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut, Jawa Barat melakukan tes urine kepada para bakal calon kepala desa. Ditargetkan tes...
Dok Media Indonesia

Permintaan Ikan Air Tawar dari Danau Maninjau Meningkat 5 Ton

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 23:48 WIB
Ikan jenis nila dan mas itu dipasarkan ke pasar tradisional di Sumbar, Jambi, Riau dan...
Antara

TWC Gelar Vaksinasi bagi Pelaku Wisata di Candi Borobudur

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:45 WIB
"Harapannya nanti siap untuk menyambut datangnya wisatawan serta ikut menciptakan ekosistem wisata yang aman dan nyaman untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya