Selasa 08 November 2022, 10:32 WIB

Sudin SDA Jaktim Siagakan 1.156 Satgas Antisipasi Genangan Musim Hujan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Sudin SDA Jaktim Siagakan 1.156 Satgas Antisipasi Genangan Musim Hujan

Antara
Ilustrasi

 

GUNA mengantisipasi terjadinya genangan saat musim hujan, Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Jakarta Timur, menyiagakan 1.156 satgas pasukan biru. Satgas tersebut akan disebar di 10 kecamatan dan di kantor Sudin SDA Jaktim.

Kasudin SDA Kota Jakarta Timur Wawan Kurniawan mengatakan, personel pasukan biru ini siap kapan saja ditugaskan untuk membantu warga yang membutuhkan pertolongan saat terjadinya banjir atau genangan. Mulai dari membantu evakuasi perabot rumah tangga milik warga, evakuasi warga hingga membersihkan sampah dan lumpur pasca genangan serta kegiatan lain yang dibutuhkan masyarakat.

"Kami juga menyiagakan operator pompa 149 orang. Seluruhnya sudah terlatih dan siap melakukan penanganan, baik sebelum, saat terjadi hingga pascagenangan," kata Wawan, Selasa (8/11).

Dari segi peralatan, ungkap Wawan, pihaknya juga sudah menyiapkan alat berat sebanyak 42 unit yang digunakan untuk melakukan pengerukan waduk, embung dan saluran penghubung maupun kali.

Kemudian ada 89 unit dump truck yang difungsikan untuk pengangkutan lumpur. Masing-masing dump truck memiliki kapasitas muatan bervariasi. Yakni ada yang memiliki kapasitas muatan lima kubik berjumlah 49 unit. masing-masing ditempatkan di kantor Sudin SDA ada 25 unit, standby pompa ada dua unit dan kecamatan 22 unit.

Kemudian kapasitas delapan kubik ada 13 unit ditempatkan di kantor Sudin SDA, kapasitas 13 kubik ada tujuh unit ditempatkan di Sudin SDA, kapasitas 22 kubik ada 16 unit di Sudin SDA.

Selanjutnya pihaknya juga menyiapkan selfloader, crane, combi besar dan combi kecil masing-masing satu unit ditempatkan di kantor Sudin SDA Jakarta Timur.

Disebutkan Wawan, selama 2022 pihaknya sudah membangun 200 sumur resapan yang tersebar di 97 lokasi.

Masing-masing sumur resapan kedalamannya bervariasi. Yakni yang memiliki kedalaman lima meter ada 45 titik, kedalaman 5-22 meter ada 28 titik, 12-25 meter ada 114 titik, 25-32 ada sembilan titik dan kedalaman 32 hingga 45 meter ada empat titik.

Dijabarkan Wawan, 200 sumur resapan ini disebar di wilayah Kecamatan Cakung 50 titik di 15 lokasi, Duren Sawit 15 titik di 11 lokasi, Pulo Gadung sembilan titik di lima lokasi, Jatinegara ada tujuh titik di dua lokasi.

Selanjutnya, Matraman ada 26 titik di 13 lokasi, Cipayung ada delapan titik di tiga lokasi, Kramat Jati ada 28 titik di 15 lokasi,Pasar Rebo ada 14 titik di lima lokasi, Ciracas ada lima titik di satu lokasi, Makasar 38 titik di 15 lokasi. (OL-12)

 

Baca Juga

Dok MI

Polisi Buru Pembuang Bayi di Jembatan Cengkareng

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 28 November 2022, 20:59 WIB
Kondis bayi masihi hidup saat ditemukan di pinggir jembatan kawasan Rawa Buaya, Cengkareng,...
Mi/Ramdani

Pemkot Tangsel dan Forkopimda Musnahkan Ribuan Botol Miras

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 28 November 2022, 20:32 WIB
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, Tangerang Selatan mempunyai Peraturan Daerah (Perda) tentang minuman keras atau...
Dok. Bank DKI

Bank DKI Raih Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Top 20 Financial Institution Award 2022

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 28 November 2022, 18:39 WIB
Ia menambahkan, penghargaan yang diraih berkat dukungan Pemprov DKI Jakarta sebagai pemegang saham, mitra kerja, serta kepercayaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya