Kamis 01 September 2022, 17:08 WIB

150 Warga Terdampak Kebakaran Cakung Dipindahkan Sementara ke Rusun

Selamat Saragih | Megapolitan
150 Warga Terdampak Kebakaran Cakung Dipindahkan Sementara ke Rusun

ANTARA/Fakhri Hermansyah
Sejumlah warga mengamati puing sisa kebakaran rumah penduduk di Jalan Swadaya, Cakung, Jakarta Timur, Senin (29/8).

 

PEMERINTAH Kota Jakarta Timur akan memindahkan sementara warga yang menjadi korban kebakaran pada Senin (29/8) di Jl Swadaya PLN, RT 013/RW 02, Jatinegara, Cakung, ke rumah susun (rusun) terdekat dari lokasi.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, pemindahan tersebut agar sebanyak 150 warga yang terdampak kebakaran mendapat tempat bermalam lebih layak daripada tinggal di tenda pengungsian.

"Kasihan di tenda seperti itu, ada balita. Saya khawatir kesehatannya menurun terus, apalagi balita perlu perhatian," kata Muhammad Anwar, di Jakarta, Kamis (1/9).

Sementara itu, Kecamatan Cakung dan Kelurahan Jatinegara bekerja sama dengan pengurus RT/RW untuk mendata warga yang terdampak, sehingga dapat dipindahkan ke rusun.

"Agar dapat dikoordinasikan dengan pihak Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Administrasi Jakarta Timur, untuk menempati rumah susun terdekat," ujar Anwar.

Sementara itu, Camat Cakung Fajar Eko Satrio mengatakan, rencana pemindahan sementara ke rusun tersebut dilakukan selama proses pembangunan ulang rumah warga berlangsung.


Baca juga: Polisi Telusuri Anggota yang Menghina Wartawan di Polsek Kembangan


"Segera kami koordinasi dengan Sudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman untuk pemindahan sementara warga korban kebakaran ke rusun," ujar Fajar.

Sebelumnya, kebakaran menghanguskan 40 rumah di permukiman padat penduduk Jl Swadaya RT 013/02, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Senin (29/8) sekitar pukul 03.24 WIB.

Musibah kebakaran itu terjadi diduga akibat hubungan pendek arus listrik (korsleting) dari salah satu rumah warga hingga merambat ke rumah lain.

Sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran dengan total 80 personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.

Api dapat dikendalikan personel Sudin Gulkarmat Jaktim setelah berjuang selama satu jam memadamkan si jago merah tersebut.

Setelah dilakukan pendinginan, proses pemadaman api dinyatakan selesai pada pukul 07.15 WIB. (OL-16)

Baca Juga

dok.ist

Bantu Warga Bogor UMKM Emak-emak for Sandi Jual Sembako Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 09:03 WIB
RATUSAN ibu - ibu di Kota Bogor mengantre bazar sembako murah yang digelar oleh UMKM Emak - Emak For Sandi Bogor di Lebak Pilar, Kelurahan...
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Izin Sudah Dicabut, KCN Tetap Wajib Jalankan Sanksi Perbaikan Lingkungan

👤 Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 29 September 2022, 09:03 WIB
Pemprov DKI Jakarta telah mencabut izin perusahaan PT KCN. Sebelumnya, perusahaan tersebut memiliki usaha bongkar muat batu bara di...
dok.ant

BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir di Jakarta Selatan

👤Muhammad Fauzi 🕔Kamis 29 September 2022, 06:15 WIB
BMKG memperingatkan kepada masyarakat DKI Jakarta untuk mewaspadai hujan disertai kilat dan petir serta angin kencang berdurasi singkat di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya