Selasa 09 Agustus 2022, 20:23 WIB

Selain Sambo, Polri Tetapkan 3 Tersangka dalam Kasus Kematian Brigadir J

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Selain Sambo, Polri Tetapkan 3 Tersangka dalam Kasus Kematian Brigadir J

Antara
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers terkait kasus kematian Brigadir J.

 

POLRI menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. 

Selain Ferdy Sambo, Polri juga menetapkan tiga orang lain sebagai tersangka, yakni Bharada Richard Eliezer alias E, Brigadir Ricky Rizal dan seseorang berinisial KM.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menjelaskan bahwa Bharada E berperan sebagai penembak Brigadir J. Sedangkan Brigadir Ricky Rizal dan KM berperan membantu dan menyaksikan penembakan. 

Sedangkan Ferdy Sambo diketahui menyuruh penembakan dan menyusun skenario, seolah-olah terjadi tembak menembak di rumah dinasnya di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta. Adapun keempat tersangka dijerat pasal berlapis dengan ancaman maksimal hukuman mati. 

"Hasil pemeriksaan empat tersangka penyidik menerapkan Pasal 340 subsider 338 KUHP juncto Pasal 55 dan 56 KUHP dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup atau selama-lamanya 20 tahun," jelas Agus, Selasa (9/8).

Berdasarkan penemuan Tim Khusus Polri, tidak ada peristiwa tembak menembak antara Brigadir J dan Brigadir Richard Eliezer alias E. Menurutnya, kejadian tembak menembak direkayasa oleh Ferdy Sambo.

Peristiwa yang sebenarnya adalah Bharada E menembak Brigadir J atas perintah Ferdy Sambo. Setelah itu, Ferdy melepaskan tembakan ke dinding seakan-akan terjadi tembak menembak.

“FS (Ferdy Sambo) melakukan penembakan menggunakan senjata J ke dinding, agar terkesan terjadi tembak menembak,” tuturnya.(OL-11)
 

Baca Juga

dok.ist

Gerindra: Pj Heru Tidak Ada Etika Soal Pergantian Sekda DKI, Ini Alasannya

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 05 Desember 2022, 10:40 WIB
PENJABAT (Pj) Gubernur DKI, Heru Budi Hartono dinilai tidak menghargai putra betawi.  Heru hanya penjabat yang tidak dipilih secara...
ANTARA

Jakarta Alami Cuaca Ekstrim, Pj Gubernur Imbau Warga Waspadai Pergerakan Tanah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 04 Desember 2022, 20:01 WIB
Heru mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi potensi tanah longsor tersebut dengan mengerahkan aparat lurah dan...
Dok. Katadata

Pengembangan Berbasis TOD Membuat Jakarta akan Terus Berkembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:44 WIB
Tedi mejelaskan, BUMN juga meningkatkan TOD sebagai sebuah konsep baru untuk kota berkembang, yang terus dilakukan bersama dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya