Selasa 17 Mei 2022, 16:04 WIB

Kelurahan Ancol Terancam Banjir Rob, Tempat Pengungsian Disiapkan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kelurahan Ancol Terancam Banjir Rob, Tempat Pengungsian Disiapkan

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Warga membersihkan warungnya yang terendam rob atau banjir pasang air laut di Ancol, Pademangan, Jakarta, tahun lalu.

 

KELURAHAN Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara menjadi salah satu wilayah yang rawan terdampak ancaman banjir rob. Camat Pademangan, Didit Mulyadi, mengatakan tempat pengungsian sudah disiapkan bila banjir rob yang terjadi cukup parah.

"Kita kalau di wilayah itu mengantisipasi dengan melihat ketinggian airnya. Kalau sudah bahaya ya harus mengungsi," kata Didit saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (17/5).

Pada masa datangnya fase pasang purnama, banjir rob yang menimpa wilayah tersebut bisa mencapai 1,5 meter pada permukiman yang paling rendah.

"Kami sudah siapkan lokasi pengungsian di RW08. Ketinggian air kalau di permukiman warga yang agak rendah itu bisa 1,5 meter. Sementara kalau di jalan-jalan itu hanya sebetis orang dewasa," ujarnya.

Namun demikian, menurut dia, banjir rob di wilayah tersebut termasuk cepat surut.

Baca juga: Politikus Gerindra: Fadil Imran Belum Cukup Pahami Kondisi Jakarta

"Kalau banjir rob sebenarnya cepat surut ya asalkan kali itu tidak penuh juga dan pasangnya sudah selesai. Kalau masih ada genangan, kita akan cek kenapa masih ada, apa ada yang menyumbat atau seperti apa," terang Didit.

Untuk mengantisipasi banjir rob, pihaknya menyiagakan tujuh unit pompa mobile dari Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur.

Sebelumnya, BPBD DKI Jakarta memperingatkan potensi banjir pesisir DKI Jakarta pada 15-19 Mei mendatang. Sebanyak empat wilayah pesisir Ibukota diminta waspada selama periode ini yakni Pademangan, Penjaringan, Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu.

Kondisi rob ini disebabkan karena fase bulan purnama yang berdampak pada peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum terjadi pada pukul 21.00-24.00. (OL-4)

Baca Juga

AFP/Ardikta Nugroho.

Pemprov DKI akan Berikan Sanksi kepada Holywings

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:07 WIB
Buntut tuduhan penistaan agama itu, pihak kepolisian menetapkan sebanyak enam pegawai Holywings menjadi tersangka jasus promo...
Ist

Erick Thohir: Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 20:55 WIB
Menurut Erick, untuk kawasan Kota Tua sendiri masih banyak yang bisa...
DOK MI.

Polisi Buru Penculik Balita di Stasiun Manggarai

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 26 Juni 2022, 17:45 WIB
Ketika itu keduanya hendak membicarakan soal bisnis dan sepakat bertemu di Stasiun Bogor. Seusai bertemu, mereka melanjutkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya