Selasa 05 April 2022, 21:23 WIB

Rumah Restorative Justice Kota Depok Diluncurkan

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Rumah Restorative Justice Kota Depok Diluncurkan

DOK MI
Ilustrasi

 

KEPALA Kejaksaan Negeri Kota Depok Mia Banulita, Selasa (5/4) meresmikan Rumah Restorative Justice (RJ) di Balai Kota Depok, Jawa Barat. Rumah RJ ini didirikan dengan harapan bisa membentuk keadilan yang seadil-adilnya di tengah masyarakat.    

"Namun dalam pelaksanaannya nanti, mekanisme akan dilakukan secara selektif, dan tidak semua perkara dapat diselesaikan melalui program tersebut," jelas Mia.

"Kita semua di kejaksaan dalam melakukan penegakan hukum harus menggunakan hati nurani. Kita melihat bukan dari persyaratan formal dan materil, kita lihat juga apakah ini manfaat bagi tersangka, korban, dan masyarakat, itu kita baca, teliti dan renungkan lagi." imbuhnya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyambut baik peresmian rumah RJ. Ia mengharapkan Rumah RJ bisa membantu penyelesaian sesuatu masalah di masyarakat khususnya Kota Depok. Idris juga mengapresiasi program Jaksa Agung Republik Indonesia, yang mengedepankan pendekatan nurani sebagai penyelesaian perkara.

"Ini menjadi sebuah bukti bahwa Jaksa juga manusia, bahwa kita bekerja dalam kasus tidak hanya dalam sebuah jalur hukum yag harus kita taati tetapi juga dengan pendekatan nurani," katanya.

Usai peresmian, Mia menyerahkan Surat Keputusan Penghentian Penuntutan (SKP2) atas nama Agus Supryatna, pelaku penganiayaan saudara ipar. "Mulai sekarang, kami kembalikan Agus berkumpul dengan keluarga dan perkaranya telah kami hentikan berdasarkan keadilan restoratif, " ujar Mia.

Kejakasaan Agung membentuk rumah RJ di seluruh Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri sebagai lembaga yang dapat menyelesaikan perkara secara cepat, sederhana dan biaya ringan. Berdasarkan Peraturan Kejaksaan Nomor 15 Tahun 2020, RJ hanya untuk perkara yang ancaman pidananya dibawah 5 tahun (OL-15)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Polda Metro Kembali Gelar Street Race pada Januari 2023 

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:24 WIB
Diketahui, Polda Metro Jaya sudah lima kali menggelar ajang balap jalanan (street race), di mana kompetisi perdana berlangsung di Ancol...

Dua Kali Beraksi, Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Depok Ditangkap

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:03 WIB
Pelaku melancarkan aksinya seorang diri. Bahkan, dalam semalam, ia menyatroni dua rumah kosong di lokasi yang...
dok.ist

Korban Investasi Bodong PAC Sambangi Bareskrim Tanyakan Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:27 WIB
KUASA Hukum Heber Sihombing  beserta para korban penipuan investasi dana reksa PT Pan Arcadia Capital (PAC) menyambangi Bareskrim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya