Rabu 22 Desember 2021, 12:00 WIB

Soal Kenaikan UMP DKI Jakarta, Kemnaker: Timbulkan Polemik

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Soal Kenaikan UMP DKI Jakarta, Kemnaker: Timbulkan Polemik

ANTARA/Muhammad Adimaja
Pekerja konveksi menyelesaikan pesanan tas di Jakarta.

 

KEMENTERIAN Ketanagakerjaan (Kemnaker) menegaskan penetapan upah yang tidak berdasarkan ketentuan yang berlaku akan menimbulkan polemik di masyarakat, seperti yang terjadi di Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Biro Humas Kemnaker Chairul Fadhly Harahap mengaku pihaknya siap memediasi pihak-pihak yang berselisih terkait penetapan UMP DKI Jakarta 2022, yang naik sebesar 5,1%.

"Kemnaker siap hadir untuk memfasilitasi jika ada perbedaan pandangan, termasuk kenaikan upah minimum di DKI, karena unsur pembinaannya yang kita kedepankan," tuturnya dalam keterangan resmi, Rabu (22/12).

Baca juga: Wagub Pastikan Pengusaha Sudah Setuju Revisi UMP DKI 2022

Kemnaker menuturkan, penetapan Upah Minimum (UM) harus tetap berpatokan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai landasan hukum penetapan Upah Minimum (UM) di seluruh daerah di Indonesia.

Chairul juga menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kemendagri dalam rangka pembinaan dan pengawasan kebijakan tersebut.

"Sikap kita adalah penetapan Upah Minimum (UM) harus tetap mengacu pada PP Nomor 36/2021," ucapnya.

Chairul mengklaim ketentunan pengupahan yang diatur dalam PP 36 Tahun 2021 telah disepakati pemerintah, pengusaha, dan pekerja/buruh.

"Upah Minimum itu penetapannya telah disepakati oleh 3 pihak, upah itu memang hak pekerja tapi juga harus diingat dan disesuaikan dengan kemampuan pengusaha," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

Dok MI

Kasus Pencabulan di Ponpes Depok, 3 Ustadz dan 1 Santri Jadi Tersangka

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 04 Juli 2022, 16:21 WIB
Zulpan mengatakan satu ustaz diduga menyetubuhi santriwati di bawah umur. Kemudian dua ustaz lainnya melakukan pencabulan. Sedangkan satu...
Dok. Kementan

Gubernur DKI Anies Baswedan Apresiasi Langkah Cepat Kementan Siapkan Pangan Jelang Idul Adha

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 14:31 WIB
Anies mengatakan, Pemprov DKI bahkan sudah haqqul yaqin pangan yang ada saat ini dalam kondisi aman dan terkendali. Tidak ada masalah...
Antara

Anies: Pasokan Hewan Kurban di DKI Aman dan Terkendali

👤Hilda Julaika 🕔Senin 04 Juli 2022, 14:27 WIB
Hingga saat ini, sudah ada 42 ribu ekor hewan kurban yang masuk ke wilayah Jakarta. Sementara, 5 ribu ekor hewan kurban dalam perjalanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya