Jumat 17 Desember 2021, 23:22 WIB

Pemkot Jakbar Akan Renovasi 136 Rumah Tidak Layak Huni Tahun Depan 

Selamat Saragih | Megapolitan
Pemkot Jakbar Akan Renovasi 136 Rumah Tidak Layak Huni Tahun Depan 

Antara/Jojon
Ilustrasi bedah rumah

 

PEMERINTAH Kota Jakarta Barat menargetkan akan merenovasi sebanyak 136 rumah tidak layak huni melalui program "Jumat Berfaedah" tahun 2022. Hal ini dilakukan Pemkot setempat guna meringankan beban masyarakat yang rumahnya rusak parah hingga tidak layak huni. 

"Tahun 2022 rumah yang akan diperbaiki lebih banyak dari tahun 2021. Total adanya 136 rumah yang akan kita bedah. Tahun lalu sebanyak 112," kata Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Barat, Amien Haji, saat dikonfirmasi di Jakarta Barat, Jumat (17/12). 

Nantinya, pihak Pemkot Jakarta Barat melalui Sudin Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata), Bazis dan Baznas, hingga Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait akan memantau rumah yang tidak layak di wilayahnya. 

Setelah dipantau, rumah yang masuk kategori tidak layak akan diberikan Pemkot Jakarta Barat bantuan berupa perbaikan secara gratis. 

Amien mengatakan, biaya perbaikan rumah akan ditanggung pihak Bazis dan Baznas dengan anggaran sebesar Rp50 juta per rumah. 

"Jadi per rumah bisa mencapai Rp50 juta. Berarti coba dikalkulasikan saja untuk jumlah rumah tahun depan. Kira-kira segitu," ujar Amien. 

Baca juga : Stok Daging Sapi dan Ayam di DKI Aman Jelang Nataru

Tidak hanya membedah rumah, pihaknya juga akan memberikan bantuan lain kepada keluarga tersebut berupa fasilitas kesehatan (faskes) seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. 

"Tentunya kita akan menanyakan terkait BPJS kesehatan, apakah sudah sebagai anggota? Kalau belum kita fasilitas untuk mendaftar," ujarnya. 

Selain itu, Amien juga akan berkoordinasi dengan Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Jakarta Barat guna mencarikan pekerjaan jika keluarga tersebut membutuhkan. 

"Kita akan sharing ke Sudinakertrans apakah ada bisa disinergikan, kita akan inventarisir," ungkapnya. 

Dengan program itu, Amien berharap warga Jakarta Barat bisa mendapatkan kehidupan lebih layak dengan memilik rumah yang aman serta nyaman. (OL-7)

Baca Juga

DOK MI

Dewan Pendidikan Diharapkan Tingkatkan Kualitas SDM Tangsel

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:10 WIB
SEBANYAK 23 calon anggota Dewan Pendidikan Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, mengikuti tahapan proses seleksi untuk memimpin periode...
dok.ist

Ini Alasan Warga Jaktim Deklarasi Sandiaga Uno Presiden 2024

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:30 WIB
RATUSAN relawan Sandi Uno Fans Club Jakarta Timur mendeklarasikan Menparekraf, Sandiaga Uno untuk jadi presiden...
MI.

Sejarah Kota Jakarta

👤Miskah Syifa Putri 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:25 WIB
Jakarta pertama kali dikenal sebagai salah satu pelabuhan Kerajaan Sunda yang bernama Sunda Kalapa berlokasi di muara Sungai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya