Selasa 26 Oktober 2021, 11:35 WIB

Uji Emisi Diberlakukan di DKI, Tak Lulus Kendaraan Anda Ditilang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Uji Emisi Diberlakukan di DKI, Tak Lulus Kendaraan Anda Ditilang

Ant/Risyal Hidayat
Petugas sosialisasikan pemeriksaan uji emisi gas buang kendaraan bermotor di Jalan Pemuda, Jakarta. Mulai hari ini aturan tersebut diberlaku

 

SANKSI tilang bagi motor dan mobil yang tidak lulus uji emisi akan efektif diberlakukan di DKI Jakarta hari ini, Senin (26/10). Penerapan yang sempat terkendala akibat pandemi covid-19 ini digalakkan lagi sebagai bagian langkah agresif Pemprov DKI Jakarta untuk menurunkan sumbangan emisi dari kendaraan bermotor yang merupakan sumber utama polusi udara di DKI Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan seluruh kendaraan bermotor yang beroperasi di Jakarta wajib uji emisi dan lulus memenuhi baku mutu emisi menjadi hal yang sangat penting dalam upaya memperbaiki kualitas udara di Ibukota.

"Mudah-mudahan upaya menciptakan udara bersih di Jakarta ini didukung oleh semua pihak,” kata Asep, Selasa (26/10) dalam sosialisasi sanksi tilang dan uji emisi di Pulogadung, Jakarta Timur.

Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah mengatur sanksi bagi kendaraan yang gas buangnya tidak memenuhi baku mutu sejak 12 tahun yang lalu.

“Sudah saatnya hukum tersebut kita tegakkan demi kepentingan bersama mewujudkan udara bersih Ibukota,” tegasnya.

Hal ini, lanjut Asep, sejalan dengan tuntutan Citizen Lawsuit yang dalam amar putusannya memerintahkan untuk menjatuhkan sanksi bagi sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor yang mencemari udara atau tidak lulus uji emisi.

Asep Kuswanto mengakui tindakan penegakan hukum harusnya berjalan sejak awal tahun 2021 saat Pergub 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor berlaku efektif. “Namun dikarenakan Pandemi Covid-19, penegakan hukum terhadap kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi sempat ditunda,” katanya.

Kegiatan hari ini, ungkap Asep, merupakan kelanjutan dari sosialisasi uji emisi yang telah dilakukan sebelumnya. Ia menambahkan, secara bertahap akan dilakukan penegakan hukum secara tegas berupa tilang oleh pihak Kepolisian.

“Ini sebagai upaya memperbaiki kualitas udara di Jakarta,” ungkap Asep. (OL-13)

Baca Juga: PMJ Sebut Rachel Vennya Sudah Diperiksa Terkait Mobil Nopol RFS

Baca Juga

MI/Rahmatul Fajri

Terdakwa Kasus Penganiayaan WNA Andy Cahyady Divonis Bebas 

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 30 November 2021, 22:38 WIB
"Andy terbukti melakukan pemukulan kepada saksi Wenhai Guan. Namun pemukulan tersebut terpaksa karena membela diri. Andy Cahyady harus...
MI/Rahmatul Fajri

Terdakwa Kasus Penganiayaan WNA Andy Cahyady Divonis Bebas

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 30 November 2021, 22:36 WIB
Andy dilepaskan dari tuntutan, karena terbukti melakukan pemukulan untuk membela...
Ilustrasi

Dua Perantara Sabu 264 Kilogram Dituntut Hukuman Mati 

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 30 November 2021, 22:29 WIB
Pada bulan Maret 2021, kedua terdakwa ditangkap dengan barang bukti sabu seberat 264,618 kilogram yang rencananya akan diantar ke Gunung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya