Selasa 19 Oktober 2021, 16:10 WIB

PSI Pertanyakan Realisasi Program Rumah DP Rp0 Pada Anies

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
PSI Pertanyakan Realisasi Program Rumah DP Rp0 Pada Anies

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Hunian dengan program DP (uang muka) Rp0 di Pondok Kelapa, Jakarta

 

FRAKSI Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mempertanyakan capaian program pembangunan rumah DP 0 rupiah. Sorotan tajam dilayangkan Fraksi PSI dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta hari ini yang mengagendakan pandangan umum fraksi terhadap rancangan APBD Perubahan 2021.

Anggota Fraksi PSI, William Aditya Sarana, meminta penjelasan dari Pemprov DKI Jakarta tentang rendahnya realisasi program DP 0 rupiah yang merupakan program unggulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam kampanye Pilkada 2017.

"Target program ini sekitar 300.000 unit rumah untuk warga kelas bawah dengan anggaran berada di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, dan BUMD PT Pembangunan Sarana Jaya. Akhir-akhir ini tampaknya Program DP 0 rupiah menjadi program yang dipinggirkan. Realisasi hingga tahun 2020 tidak sampai seribu unit atau kurang dari 0,3%, dan hingga kini belum ada upaya dari Pak Gubernur untuk mempercepat pencapaian program ini," kata William, Selasa (19/10).

Baca juga: Pemkot Jakpus Galakkan Pembuatan Sumur Resapan di Perkantoran

Di sisi lain, Gubernur menurut PSI, malah meningkatkan nilai batas atas penghasilan penerima program dari Rp 7 juta per bulan menjadi Rp 14,8 juta. Ini berarti bahwa Pemprov DKI Jakarta menyadari bahwa skema program DP 0 rupiah kurang diminati warga, serta menunjukkan bahwa Gubernur tidak memiliki keberpihakan kepada rakyat kelas bawah.

"Semua fakta di atas menunjukkan bahwa pelaksanaan program DP 0 rupiah hanya formalitas belaka untuk memperlihatkan bahwa seolah-olah Pemprov DKI Jakarta telah berusaha, namun manfaatnya tidak dirasakan rakyat," jelasnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Izin Pemanfaatan Lahan di Zona Hijau Jadi Fokus Revisi Perda RDTR

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 01 Desember 2021, 22:25 WIB
Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan mengatakan, kali ini pembahasan fokus pada mekanisme pemanfaatan lahan milik warga yang...
Antara/Muhamamd Iqbal

Tangsel Masih PPKM Level Dua, Jelang Nataru Akan Makin Diperketat 

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 01 Desember 2021, 21:51 WIB
”Intinya strateginya pengetatan. Ini berlaku juga di tanggal 24 Desember mendatang hingga 2 Januari 2022," ungkap...
dok.humas Pemkot Bekasi

Pemkot Bekasi Perpanjang PPKM Level 2 Hingga 13 Desember

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 01 Desember 2021, 17:15 WIB
PEMKOT Bekasi perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 covid-19 di wilayahnya mulai 30 November hingga 13...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya