Kamis 23 September 2021, 17:34 WIB

Disdik DKI: Hanya 1 Klaster Sekolah Selama PTM

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Disdik DKI:  Hanya 1 Klaster Sekolah Selama PTM

MI/Ramdani
Pembelajaran Tatap Muka

 

DINAS Pendidikan DKI Jakarta menyebutkan hanya ada satu klaster penularan covid-19 akibat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Ibukota. Dalam satu klaster tersebut hanya terdapat dua kasus positif covid-19 yang menimpa siswa.

Hal tersebut terjadi di SDN 03 Klender. Menurut Kasubbag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja, mulanya terdapat satu siswa yang terpapar covid-19 di SD tersebut dan berasal dari klaster keluarga. Kemudian, siswa tersebut menularkan kepada teman sekelasnya.

"SOP-nya begitu ada yang positif, kami langsung tutup sekolah selama 3 hari untuk disinfeksi dan di-tracing. Setelah tracing hanya 1 siswa yang positif," kata Taga saat dikonfirmasi, Kamis (23/9).

Sementara itu, ada siswa dan guru di sekolah lainnya yang juga terpapar covid-19 namun dari hasil tracing dipastikan bahwa bukan klaster PTM. Mereka tertular dari klaster keluarga.

Baca juga : DPRD Harap DKI Terbuka Soal Kasus Covid-19 di Sekolah

Kasus tersebut antara lain di SMKN 66 (1 guru), SDN Pondok Ranggon 02 (1 siswa), SMP PGRI 20 (1 guru), SMAN 25 (1 guru), dan SMAN 20 (1 siswa). Namun, total ada tujuh sekolah yang ditutup ditambah dengan SDN 05 Jagakarsa yang melanggar protokol kesehatan. Temuan ini berdasarkan pelaksanaan PTM terbatas sejak 30 Agustus lalu.

"Makanya ketika ada temuan itu langsung, walaupun itu klaster rumah kita langsung segara SOP-nya ditutup selama 3 hari, disinfektan dan di-tracing langsung. Ternyata dari 6 sekolah itu hanya 1 yang SDN 03 Klender yang ada 1 temennya kena tapi setelah itu tidak ada lagi yang kena, semuanya negatif," pungkasnya.

Untuk itu, ia masih belum bisa memahami data 25 klaster covid-19 akibat PTM yang disebut-sebut oleh situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Nah, ini yang saya tidak berani menjawab. Karena itu kan survei Kemendikbud bagaimana. Saya sudah coba cek ke semua wilayah tidak ada," jelasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Sumur Resapan Merusak Jalan dan Bahayakan Pengguna Lalu Lintas

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 30 November 2021, 15:50 WIB
Pasalnya pembangunan sumur resapan ini menurutnya justru merusak jalanan yang sebelumnya mulus menjadi...
MI/Bary Fathahilah

Polda Metro Jaya Akan Perketat Aktivitas Warga Saat PPKM Level 3

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 30 November 2021, 15:39 WIB
Zulpan mengatakan dengan diterapkannya PPKM Level 3 di Jakarta, pihaknya meminta masyarakat untuk mematuhi aturan yang telah...
ANTARA

Kali Jantung Meluap, Warga Sukamaju Kota Depok Kebanjiran

👤Kisar Rajaguguk 🕔Selasa 30 November 2021, 15:32 WIB
Selain hujan deras, banjir disana juga akibat pembangunan perumahan sehingga air Kali Jantung tidak mengalir lancar dari hulu ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya