Minggu 15 Agustus 2021, 17:32 WIB

Anies Klaim Situasi Covid-19 di Jakarta Mulai Membaik

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Anies Klaim Situasi Covid-19 di Jakarta Mulai Membaik

Dok. DPP NasDem
Gubernur DKI Anies Baswedan saat mengunjungi Sentra Vaksinasi NasDem Peduli.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut situasi pandemi covid-19 di wilayah Ibu Kota mulai membaik. Dalam hal ini, setelah melihat adanya penurunan kasus aktif beberapa hari terakhir. 

Dia menyebut pada 16 Juli 2021 terdapat 113.137 kasus aktif. Namun, kurang dari satu bulan, kasus aktif di Jakarta turun ke angka 9.881 orang.

“Kita semua berhasil menurunkan kurva kasus aktif kembali ke bawah 10 ribu dalam waktu kurang dari satu bulan, sejak puncak gelombang kedua. Kasus aktif bisa turun signfikan karena kita semua bisa menekan penambahan kasus baru,” ujar Anies dalam keterangannya, Minggu (15/8).

Baca juga: Anies Baswedan Sebut Setiap Hari 200 Ribu Warga DKI Divaksinasi

Ketika puncak gelombang kedua covid-19 pada Juli lalu, tingkat positivitas di Jakarta pernah mencapai 48%. Artinya, dari 2 orang yang dites di Jakarta, salah satunya terpapar covid-19. 

Namun kini, tingkat positivitas di Jakarta turun di bawah ambang maksimal 10%. Kendati demikian, lanjut Anies, masih harus diupayakan agar tingkat positivitas di bawah ambang batas ideal, yaitu 5%.

“Jangan lengah, terlena dan buru-buru ingin beraktivitas sebebasnya. Lalu, meninggalkan kewajiban menjaga prokes, itu membuka ruang terhadap munculnya gelombang berikutnya. Terus waspada, terus kurangi mobilitas. Segera dapatkan vaksinasi bagi yang belum,” pungkas Anies.

Baca juga: Hari Ini, Jerinx Akhirnya Disuntik Vaksin Covid-19

Selain itu, dia menjelaskan beban fasilitas kesehatan juga berkurang, menyusul penurunan kasus aktif covid-19. Per Kamis (12/8), keterisian tempat tidur isolasi di rumah sakit sekitar 33% dan keterisian ICU kini tercatat di angka 59%.

Pihaknnya mulai menurunkan kapasitas perawatan covid-19, guna memberikan ruang bagi warga yang menderita penyakit selain covid-19. Anies berharap situasi positif ini dapat terus berlanjut. Pun, warga yang dirawat karena covid-19 terus berkurang.

“Kini, beban fasilitas kesehatan kita sudah turun jauh. Bila diperhatikan, karena beban sudah turun jauh, kapasitas perawatan covid-19 kembali diturunkan untuk memberi ruang bagi perawatan pasien noncovid-19,” tuturnya.(OL-11)
 

 

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Satu Mobil Formula E Akan Dipamerkan saat HBKB di Jakarta Minggu Nanti

👤Mohamad farhan Zhuhri 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:46 WIB
"Mobil ini akan dipajang dan hanya 1," ujar Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad...
MI/Andri Widiyanto

Ada Minuman Keras dalam Daftar Sponsor Formula E, Sahroni : Itu Sponsor Global dari FEO

👤Mohammad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:07 WIB
Politikus NasDem itu menambahkan, iklan bir tersebut bukan merupakan mitra dalam negeri dan pihaknya tidak bisa ikut mencampuri urusan...
DOK BPK

Pemkot Tangsel Kembali Raih Opini WTP dari BPK

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 26 Mei 2022, 19:41 WIB
Pemkot Tangsel Banten meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten atas Laporan Keuangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya