Senin 26 Juli 2021, 19:42 WIB

Kasus Aktif Covid DKI Turun, Anies: Jakarta Masih Belum Aman

Hilda Julaika | Megapolitan
Kasus Aktif Covid DKI Turun, Anies: Jakarta Masih Belum Aman

Antara/M.Risyal Hidayat
Petugas pemulasaran jenazah mengkat peti pasien Covid-19 di kremartorium Cilincing

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, kasus aktif Covid-19 di Jakarta saat ini mengalami tren penurunan. Kendati demikian, ia menekankan jika situasi pandemi di Jakarta saat ini masih belum aman. 

Anies menjelaskan, angka kasus aktif Jakarta terus berkurang. Bila sebelumnya sempat mencapai angka lebih dari 113.000 kasus aktif pada 16 Juli 2021, data terbaru pada Minggu (25/7), kasus aktif sudah turun di angka 64.000.

“Kita harus hati-hati memaknainya (penurunan situasi pandemi). Kasus aktif 64.000 itu masih 2x lebih tinggi daripada puncak gelombang pertama lalu. Positivity rate 25% itu masih jauh di atas rekomendasi ideal WHO yaitu di bawah 5%," tegasnya. 

Selain itu, walaupun antrean IGD sudah terurai, namun ICU masih padat, sambil tekanan perlahan berkurang. Artinya, sambung Anies, tren penurunan ini nyata terlihat, tapi situasi masih jauh dari ideal.

Baca juga : Diizinkan Kembali Berjualan, PKL di Tanah Abang masih Abai Prokes

"Sehingga penting sekali untuk melanjutkan dan terus mendorong momentum perbaikan situasi ini. Urutannya adalah antrean IGD, lalu kamar rawat inap, dan ICU. Antrean IGD sudah terurai, semoga berikutnya diikuti dengan pelonggaran keterisian di kamar rawat inap dan ICU,” terangnya.

Oleh karena itu, Anies tetap mengimbau seluruh warga Jakarta agar tidak kendor dalam mematuhi protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas seperti anjuran di dalam peraturan PPKM Level 4. 

Bahkan, Anies juga meminta secara khusus kepada perusahaan agar tidak merisikokan para karyawannya dengan mengharuskan bekerja di kantor apabila pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dari rumah. (OL-7)

Baca Juga

dok.ist

OMG Salurkan Pakan Kucing dan Kandang untuk Cat Lovers Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 23:20 WIB
SUKARELAWAN Orang Muda Ganjar (OMG) DKI Jakarta melanjutkan kegiatan positif, kali ini dengan memberikan bantuan sumbangan pakan kucing dan...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pemprov DKI Bangun Jalan Tembus Dari Tol Pelabuhan Ke JIS

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:17 WIB
Selain itu, dalam jangka panjang, pihaknya akan melanjutkan pembangunan jalan tembus sampai ke Jalan R.E Martadinata. Kurang lebih lebar...
MGN/Kautsar Widya Prabowo

Pemprov DKI dan Kemenhub Percepat Pengembangan LRT, MRT, dan Stasiun Tanah Abang

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:05 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai langkah ini sejalan dengan pihaknya yang tengah menggalakkan penggunaan angkutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya