Kamis 22 Juli 2021, 13:49 WIB

Otoritas Bandara Soetta Benarkan Kewajiban Penumpang Bawa Surat RT/RW

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Otoritas Bandara Soetta Benarkan Kewajiban Penumpang Bawa Surat RT/RW

ANTARA FOTO/Fauzan
Calon penumpang pesawat bersiap masuk ke area keberangkatan di Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten

 

OTORITAS Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) angkat bicara soal video viral di media sosial yang dibagikan selebgram Gebby Vesta. Dia terlihat mengamuk kepada petugas bandara karena merasa dihalangi naik pesawat karena tidak bisa menunjukkan surat dari RT/RW.

Senior Manager of Branch Communication Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi mengatakan validasi dokumen termasuk prosedur yang berlaku pada 19 - 25 Juli 2021 ini memang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes).

Dokumen tersebut selain menunjukkan kartu vaksin dan hasil test negatif PCR, penumpang juga diwajibkan menunjukkan surat keterangan perjalanan antara lain surat rujukan rumah sakit, surat pengantar dari perangkat daerah setempat, surat keterangan kematian, atau surat keterangan lainnya, bila masuk dalam perjalanan yang mendesak saat PPKM.

“Kami mengimbau agar calon penumpang pesawat sudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan agar proses keberangkatan di bandara berjalan lancar, termasuk saat validasi dokumen oleh petugas KKP Kemenkes,” ujar Holik dalam keterangan yang diterima wartawan, Kamis (22/7).

Baca juga: PPKM, Larangan Tenaga Kerja Asing Masuk ke Indonesia Diberlakukan

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta Kementerian Kesehatan dr Darmawali Handoko menjelaskan, petugas KKP Kemenkes di Bandara Soekarno-Hatta memohon dukungan calon penumpang pesawat dalam menerapkan SE Nomor 53 Tahun 2021 yang merujuk ke SE Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 15 Tahun 2021.

" Validasi dokumen yang dipersyaratkan akan dilakukan sebelum calon penumpang menuju konter check-in,” ucapnya.

Dalam tulisan yang diunggah Gebby dalam akun instagram-nya, mengaku berang dengan apa yang dilakukan petugas bandara Soetta karena mencoba menahan keberangkatannya karena tidak membawa surat keterangan RT/RW.

"VAKSIN GAK GUNA!!! PCR GK GUNA!!! SO... JANGAN VAKSIN JANGAN PCR JANGAN TERBANG GENK, LUCUNYA NEGERI INI. Data udah lengkap ada lagi syarat terbang harus ada surat dinas dan izin RT RW, sdah kaya mau nikahan yang dimana enggak ada update apapun tentang peraturan baru yang katanya baru aja diberlakukan," tulis Gebby. (OL-4)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Jadi Ketua Umum ADKI DKI, Wibi Tegaskan Siap Bangun Kampung Kreatif

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 08:03 WIB
"Kami akan memberikan pelatihan juga pendampingan, agar desa kreatif ke depannya mampu melahirkan inovasi dan produk kreatif...
ANTARA/Muhammad Iqbal

Pemkot Depok Larang Warga Gelar Lomba 17 Agustus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 07:28 WIB
Pemkot meminta seluruh kegiatan merayakan hari kemerdekaan RI itu digelar secara virtual untuk menekan penyebaran...
Antara

Hari Ini Jaksel dan Jaktim Diprediksi Hujan Disertai Petir

👤Muhammad Fauzi 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 07:00 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan disertai petir terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, Selasa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ini Adalah Pekerjaan Kita

POLDA Metro Jaya menggelar program Vaksinasi Merdeka dengan target seluruh warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin covid-19 tahap pertama pada 17 Agustus 2021.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya