Rabu 23 Juni 2021, 06:34 WIB

8 Ribu Warga Kota Bekasi Ikuti Vaksinasi Massal di Stadion Candrabhaga

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
8 Ribu Warga Kota Bekasi Ikuti Vaksinasi Massal di Stadion Candrabhaga

Dok: Pemkot Bekasi
Warga Bekasi ikuti vaksinasi massal

 

SEJUMLAH 8 ribu warga dari wilayah 2 dan 3 mengikuti kegiatan vaksinasi massal yang dimulai pukul 06.00 WIB, Rabu (23/6), di stadion patriot candrabhaga Kota Bekasi.

Ribuan warga Kota Bekasi itu berasal dari 8 kecamatan meliputi 4 kecamatan pada setiap wilayah dengan jumlah warga yang divaksin sebanyak 1.000 jiwa per kecamatan.

"Karena vaksinasi dimajukan dari jadwal semula (26 Juni) berarti pada 23 Juni 2021 hari ini dilakukan untuk wilayah 2 dan 3 secara bersamaan," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Rabu (23/6).

Ia menjelaskan, dari hasil evaluasi kegiatan vaksinasi massal, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memutuskan untuk memajukan jadwal pelaksanaan vaksinasi untuk wilayah 3 yang semula dijadwalkan pada 26 Juni 2021 dimajukan menjadi tanggal 23 Juni 2021.

Adapun vaksinasi massal untuk wilayah 3 meliputi 4 kecamatan yaitu Pondok Gede, Jatiasih, Pondok Melati, dan Jatisampurna. Sedangkan untuk vaksinasi wilayah 2, yaitu Bekasi Timur, Bantargebang, Rawalumbu, dan Mustika Jaya.

Menurut Wali Kota yang akrab disapa Pepen, pintu masuk untuk peserta akan diatur sedemikian rupa agar tidak terpusat pada satu titik. Tindakan itu agar tidak terjadi penumpukan dan penanganan penertiban vaksinasi massal akan lebih diketatkan lagi.

"Pemkot Bekasi memutuskan calon penerima vaksin harus dilakukan screening atau pemeriksaan kesehatan serta tes rapid swab antigen sehari sebelum pelaksanaan di puskesmas domisili," ujarnya.

Baca juga:  Pemkot Bekasi Majukan Jadwal Vaksinasi Massal Wilayah 3

Sehingga, lanjut Pepen, pada saat datang, peserta langsung menunjukkan bukti screening dan bisa langsung diberikan vaksin supaya tidak menyebabkan antrian panjang. Kemudian setelah diberi vaksin, peserta pun dibolehkan langsung pulang dengan catatan jangan lupa untuk memberikan berkas screening serta fotocopy KK dan KTP ke meja observasi dengan meninggalkan nomor telepon agar bukti telah vaksinasi dapat diinformasikan melalui sms.

Sejauh ini, Pemkot Bekasi terus melakukan vaksinasi massal untuk sasaran masyarakat di atas umur 18 tahun dan lansia yang bertempat di Stadion Patriot Candrabhaga. Target vaksinasi sebanyak 12 ribu jiwa yang meliputi 3 wilayah dengan masing-mssing wilayah terdiri dari 4 kecamatan dan jumlah peserta setiap kecamatan sebanyak 1.000 jiwa atau sekitar 4.000 jiwa per wilayah.

Pelaksanaan vaksinasi massal pertama telah diadakan pada 14 Juni 2021 yang dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo telah sukses untuk dijadikan percontohan bagi kota dan kabupaten lainnya.

Pelaksanaan vaksinasi massal yang kedua juga telah sukses dilaksanakan pada 19 Juni 2021 dengan peserta dari wilayah 1, yakni Bekasi Selatan, Bekasi Utara, Bekasi Barat, dan Medan Satria adapun total peserta vaksinasi massal kedua kurang lebih sebanyak 4.000 jiwa dan mengerahkan kurang lebih 250 vaksinator.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Anies Sebut Vaksinasi Covid-19 Dosis Dua Tidak Akan Dipercepat

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 05 Agustus 2021, 23:46 WIB
Pasalnya, dosis kedua harus mengikuti penjadwalan sesuai dengan vaksin yang...
Antara

Pembangunan Turap Kali Pesanggrahan Capai 70 Persen

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 05 Agustus 2021, 23:12 WIB
Andriansyah menyebut usai pemasangan bronjong nantinya bagian atas turap dipasang cerucuk kayu dolken untuk menahan gundukan...
MI/ Abdillah M Marzuki

ADKI Jakarta Raya Ingin Jadikan Jakarta Etalase Produk Kreatif

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Kamis 05 Agustus 2021, 22:39 WIB
Pasalnya, kampung kreatif dinilai sebagai salah satu solusi di tengah pandemi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Olimpiade Jadi Tujuan Utama Pembinaan Atlet

INDONESIA berhasil mendapatkan lima medali di Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya