Kamis 17 Juni 2021, 19:02 WIB

Polri: Ada 3 Ribu Pinjaman Online tak Terdaftar di OJK

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polri: Ada 3 Ribu Pinjaman Online tak Terdaftar di OJK

Antara
Bareskrim Polri merilis kasus tindak pidana pinjaman online ilegal.

 

DIREKTORAT Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri mencatat sekitar 3 ribu situs pinjaman online (pinjol) tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Wadirtipideksus Kombes Whisnu Hermawan Februanto mengatakan pinjol ilegal selama ini telah meresahkan masyarakat. Kepolisian pun berupaya mengungkap praktik pinjol ilegal di berbagai daerah.

"Ini (ilegal) yang menjadi perhatian Polri, untuk bisa mengungkap perkara yang meresahkan masyarakat. Sama seperti kasus preman. Ini kasus pinjol pun juga meresahkan masyarakat," papar Whisnu di Mabes Polri, Kamis (17/6).

Baca juga: OJK Imbau Masyarakat Pilih Platform Pinjaman yang Terdaftar

Pihaknya telah menerima laporan mengenai pinjol ilegal yang menawarkan pinjaman uang kepada masyarakat. Salah satu aplikasi pinjol yang berhasil diungkap adalah Rp Cepat.

Nasabah meminjam uang sebesar Rp1,7 juta. Lalu, Rp Cepat menyetujuinya dengan memberikan pinjaman Rp500 ribu. Namun, nasabah tersebut mengaku hanya menerima Rp295 ribu.

Dalam promosinya, pihak Rp Cepat memberikan waktu 91-100 hari bagi nasabah untuk mengembalikan pinjaman. Akan tetapi, nasabah sudah ditagih dengan suku bunga mencapai 41%, meski baru 10 hari meminjam.

Baca juga: Jelang Lebaran, BPKN Catat 2.235 Aduan Masyarakat

Whisnu menyebut nasabah yang tidak mampu mengembalikan pinjaman, kemudian mendapat teror dan perundungan di media sosial. Pihak Rp Cepat mencuri data nasabah dan mengambil foto vulgar sebagai ancaman kepada nasabah, agar segera mengembalikan pinjaman.

"Ada korban yang diancam dengan foto yang vulgar dengan menginformasikan ke teman-teman dan keluarganya. Bahkan, sampai ada yang stres akibat bully-an oleh pinjaman yang tidak benar ini," ungkap Whisnu.

Dia pun meminta masyarakat segera melapor ke polisi jika mengalami hal serupa. Pihaknya siap mengusut pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat. "Karena semua reserse sudah paham dan memahami dengan arahan Kabareskrim terkait pengungkapan kasus pinjol," tandasnya.(OL-11)

 

 

 

 

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Warga Antusias Jajal Kendaraan Listrik Otonom di QBig BSD City

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 21:37 WIB
Selama kurang lebih dua bulan, tercatat ribuan pengunjung QBig telah merasakan pengalaman naik kendaraan canggih...
Dok. Aceh Darussalam

Aceh Darussalam dan PT Pegadaian Gelar Pra Event Aceh Cycling Tourism di Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 21:14 WIB
Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai komunitas sepeda di Jakarta tersebut diharapkan dapat menarik minat para cyclist...
ANTARA

Pemkot Tangsel Bertekad Perangi Peredaran Narkoba

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 20:47 WIB
PEMERINTAH Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten, bersama Forkopimda setempat bertekad memerangi peredaraan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya