Kamis 13 Mei 2021, 18:02 WIB

Catatan Kemenhub, 1,5 Juta Orang Keluar dari Jabodetabek

M. Iqbal Al Machmudi | Megapolitan
Catatan Kemenhub, 1,5 Juta Orang Keluar dari Jabodetabek

Antara
Foto udara kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal roro di Pelabuhan Merak.

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) mencatat 1,5 juta orang sudah keluar dari wilayah Jabodetabek menuju beberapa daerah utama. Seperti Jawa tengah, Jawa Timur dan Pulau Sumatera dengan melalui Lampung.

"Dari posko monitoring yang ada di Kemenhub, tercatat sebanyak 1,5 juta orang keluar dari Jabodetabek," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/5).

Selain itu, hingga 11 Mei 2021, terjadi penurunan aktivitas penggunaan transportasi umum yang signifikan pada masa larangan mudik Lebaran. Untuk angkutan darat mengalami penurunan 86%, jika dibandingkan masa pengetatan perjalanan.

Baca juga: H-1 Lebaran, 521.876 Kendaraan Sudah Tinggalkan Jabodetabek

Adapun untuk angkutan penyeberangan turun 62%, angkutan laut turun 30% dan kereta api 88%. Lalu, yang paling signifikan ialah angkutan udara yang turun 93%. Dalam hal ini, jika dibandingkan masa pengetatan syarat perjalanan. Data tersebut diambil pada 6-11 Mei 2021.

"Ini menandakan bahwa masyarakat memenuhi ketentuan, karena perjalanan cukup signifikan di semua moda transportasi. Diharapkan ini bisa berlangsung sampai masa peniadaan pengetatan syarat perjalanan," kata Adita.

Dari survei yang dilakukan Kemenhub, perjalanan setelah Lebaran diprediksi melonjak pada H+3 dan H+7, atau sekitar 16 Mei dan 20 Mei. "Kami akan meningkatkan random testing kepada pengguna angkutan jalan, baik roda dua maupun roda empat, di jalan erteri, jalan tol dan jalan kecil," pungkasnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Pemprov DKI Klaim 75% Bantuan Tunai Sudah Terdistribusi

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 Juli 2021, 23:51 WIB
“Mudah-mudahan ke depan bantuan ini bisa disalurkan melalui ATM supaya tidak terjadi kerumunan karena berpotensi penularan...
Ist

Gubernur dan Wagub DKI Minta Generasi Z Terus Asah Kemampuan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 21:52 WIB
Wagub DKI berpesan agar para lulusan SMAN 8 Jakarta tidak hanya mengejar ilmu pengetahuan, tetapi juga mendalami agama...
Antara

Positivity Rate di Jakarta Masih Tinggi

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 25 Juli 2021, 20:10 WIB
Meski kasus harian covid-19 di Jakarta mengalami tren penurunan, namun persentase kasus positif (positivity rate) masih tinggi sebesar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Dunia Usaha Jangan Menyerah

BADAI covid-19 kembali menerpa Indonesia. Sapuan gelombang kedua itu otomatis membuat berbagai rencana yang telah disusun harus dihitung ulang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya