Rabu 28 April 2021, 15:31 WIB

Mata Munarman Ditutup, Polri: Itu Standar Penanganan Kasus Teroris

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Mata Munarman Ditutup, Polri: Itu Standar Penanganan Kasus Teroris

Antara
Garis polisi terpasang di pintu gerbang markas FPI, Petamburan, Jakarta.

 

POLRI menyebut ditutupnya mata Munarman dengan kain hitam saat dibawa ke Polda Metro Jaya, sudah sesuai standar penanganan penangkapan teroris.

Hal itu ditegaskan Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. "Kejahatan teror adalah kejahatan terorganisir yang jaringannya luas sekali. Penangkapan satu jaringan akan membuka jaringan lainnya," ujar Ahmad di Jakarta, Rabu (28/4).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa sifat bahaya kelompok teroris bisa mengancam keselamatan petugas lapangan. Oleh karena itu, ada pertimbangan untuk menghindari target mengenali operator atau petugas lapangan. Sehingga, mata pelaku perlu ditutup.

Baca juga: Pengacara Sebut Ada Pelanggaran HAM dalam Penangkapan Munarman

Mantan Sekretaris Umum FPI Munarman ditutup matanya, karena sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus terorisme. "Standard internasional penangkapan tersangka teroris ya seperti itu," jelas Ahmad.

Dia menekankan bahwa kejahatan terorisme membutuhkan pendekatan berbeda dibandingkan kasus pidana lainnya. Terlebih, kegiatan terorisme bersifat antarjaringan. Sehingga, menutup mata tersangka penting untuk dilakukan.

Baca juga: Rizieq Doakan Munarman yang Ditangkap Terkait Dugaan Terorisme

Sebelumnya, Munarman ditangkap pada Selasa (27/4) sore di kediamannya yang berlokasi di Pamulang, Tangerang Selatan. Setelah penangkapan, polisi juga melakukan penggeledahan di bekas kantor FPI di Petamburan, Jakarta. 

Polisi menyita barang bukti berupa atribut FPI hingga sejumlah dokumen. Selain itu, ditemukan beberapa botol yang berisi nitrat jenis aseton. Lalu, terdapat beberapa botol plastik yang berisi cairan Triaseton Triperoksida (TATP).(OL-11)
 

 

 

 

 

 

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Antara/M Risyal Hidayat.

Wagub DKI Respons Kapolri Setuju Jalur Sepeda Permanen Dihapus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 16 Juni 2021, 17:55 WIB
Jalur sepeda sepanjang 11,2 km itu dinilai banyak pihak memunculkan gesekan dengan pengguna kendaraan...
Antara

DKI Siapkan Lokasi Isolasi Berkapasitas Ribuan Orang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 16 Juni 2021, 16:20 WIB
Adapun lokasi isolasi di luar rumah sakit rujukan covid-19, terbagi dalam tiga tahap. Pemprov DKI menyiapkan skema penggunaan tahap tempat...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Polisi Sebut Anji Konsumsi Ganja Agar Rileks

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 16 Juni 2021, 16:18 WIB
"Yang bersangkutan menggunakan narkotika jenis ganja biar bisa rileks dan bisa produktif, berangkat dari profesi yang bersangkutan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya