Kamis 08 April 2021, 13:32 WIB

Cegah Pelajar Kongkow Pasca-PTM, Guru Pantau Via Grup WhatsApp

 Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Cegah Pelajar Kongkow Pasca-PTM, Guru Pantau Via Grup WhatsApp

MI/ANDRI WIDIYANTO
Sejumlah siswa/siswi keluar dari sekolah usai melakukan pembelajaran tatap muka di SDN Kelapa Dua Wetan 02, Jakarta, Rabu (7/4).

 

DINAS Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta memiliki upaya tersendiri untuk mencegah pelajar berkumpul atau berkerumun kongkow-kongkow di luar rumah setelah selesai mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka (PTM).

Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja mengatakan guru dan orangtua murid memiliki grup di aplikasi WhatsApp. Melalui grup tersebut, masing-masing baik orangtua maupun guru dapat memantau keberadaan anak-anaknya.

"Grup WhatsApp wali kelas itu dipantau. Anak yang masuk pada saat PTM apakah sudah pulang. Kan PTM selesai sebelum jam 12, jadi sudah pulang kan sehingga bisa dipantau tepat waktu," kata Taga saat dihubungi, Kamis (8/4).

Selain itu, guru juga akan memantau keberadaan anak didiknya dalam radius 500 meter dari sekolah.

Selain itu, guru juga melakukan pengawasan ketika peserta didik pulang baik itu ketika dijemput oleh kerabat, menggunakan bus sekolah, atau menggunakan angkutan umum.

Menurut Taga, sebagian besar peserta didik masih diantar jemput langsung oleh keluarga. Bus sekolah pun hadir siap untuk mengantar jemput para pelajar ke rumah masing-masing ketika tidak dijemput oleh keluarga.

"Keberadaan bus sekolah masih cukup. Ini sesungguhnya untuk back up saja. Kalau ada yang tidak diantar orangtua. Karena kan kalau naik bus, angkutan umum, itu potensi interaksinya tinggi. Bus sekolah saat ini masih cukup," kata Taga. (Put/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Tangkapan layar Twitter @arizapatria

Wagub DKI Kunjungi Pengungsi Kebakaran Taman Sari

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 19 April 2021, 08:51 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan sejumlah instansi lintas dinas untuk membantu korban kebakaran di Taman Sari...
Antara/HO/Twitter TMC Polda Metro Jaya

Polda Metro Jaya Gelar Razia Knalpot Bising

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 19 April 2021, 06:40 WIB
Pengendara motor yang masih nekat menggunakan knalpot tidak sesuai standar dan menimbulkan polusi suara akan dikenakan sanksi tilang...
ANTARA/HO-Humasjakfire

Kebakaran di Taman Sari, 112 Rumah Hangus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 19 April 2021, 05:20 WIB
Warga yang terdampak kebakaran itu mencapai 250 Kepala Keluarga (KK) di RT 001 dan 005 di RW 01 serta RT 004, 005, 006, 007, dan 008 di RW...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jalan Tol dan PKT untuk Ekonomi yang Lebih Baik

Pembangunan jalan tol sejatinya berpengaruh terhadap roda perekonomian bahkan sejak mulai tahap perencanaan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya