Rabu 07 April 2021, 17:23 WIB

Rencana Penutupan Terminal, Dishub DKI Tunggu Pemerintah Pusat

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Rencana Penutupan Terminal, Dishub DKI Tunggu Pemerintah Pusat

MI/Adam Dwi.
Calon penumpang berjalan menuju bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

PEMERINTAH pusat mewacanakan larangan mudik pada lebaran tahun ini. Rencananya seluruh terminal di Jakarta akan ditutup, kecuali Terminal Pulo Gebang, untuk mengakomodasi kebijakan itu. Perjalanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) hanya dilayani melalui Terminal Pulo Gebang.

Namun, hingga kini rencana itu belum diresmikan. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut masih menunggu arahan resmi dari pemerintah pusat. "Saat ini kami masih menunggu kebijakan dari pusat," kata Syafrin saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (7/4).

Dihubungi terpisah, Kasatpel Operasi Terminal Pulo Gebang Afif Muhroji menyebut telah mendapatkan informasi mengenai rencana penutupan terminal-terminal di Jakarta itu. "Ada rencana seperti itu dari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan," kata Afif saat dikonfirmasi Media Indonesia, Senin (5/4).

Namun, Afif mengatakan belum dapat merinci aturan perjalanan penumpang menggunakan bus AKAP melalui Terminal Pulo Gebang. Sebab, hingga saat ini pihaknya masih menunggu kebijakan resmi dari Ditjen Perhubungan Darat. "Untuk aturan resmi belum ada," ujarnya.

Hingga saat ini Kementerian Perhubungan belum mengeluarkan kebijakan resmi terkait teknis perjalanan dalam negeri bagi warga di masa libur Lebaran 2021. Padahal,  pengelola Terminal Jatijajar Depok akan menerapkan kebijakan larangan mudik dengan menutup layanan AKAP pada libur Lebaran dari 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana menyebut keputusan itu menyusul kebijakan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Polisi Selidiki Proyektil Nyasar Rumah Warga di Kebon Jeruk

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 00:31 WIB
Kanit Reserse Kriminal Polsek Kebon Jeruk AKP Pradita Yulandi mengatakan pihaknya telah mendatangi lokasi kejadian dan membenarkan adanya...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Selama Ramadan, KRL Jabodetabek Beroperasi hingga Pukul 22.00 WIB

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:57 WIB
KAI Commuter mengajak penumpang yang hendak makan dan minum untuk berbuka puasa dengan menjaga protokol kesehatan dan menjaga kebersihan...
MI/RAMDANI

Anies: Hindari Bukber Hingga Kumpul Keluarga Besar

👤Hilda Julaika 🕔Senin 12 April 2021, 23:10 WIB
Anies menganjurkan untuk menghindari buka bersama hingha kumpul keluarga dengan jumlah banyak apalagi tanpa menggunakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya