Selasa 06 April 2021, 13:58 WIB

Besok Uji Coba PTM, Jumlah Siswa Dibatasi 50% per Kelas

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Besok Uji Coba PTM, Jumlah Siswa Dibatasi 50% per Kelas

Antara/Galih Pradipta.
Guru merapikan ruang kelas di SD Kenari 08 Pagi, Jakarta, Selasa (6/4).

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta akan mulai melangsungkan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di 85 sekolah mulai besok. Jumlah peserta didik di tiap kelas akan dibatasi 50%.

Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja mencontohkan pada setiap Senin jenjang yang melakukan PTM ialah kelas 4 SD, kelas 7 SMP, dan kelas 10 SMA/SMK. Setiap kelas akan dibatasi 50% per rombongan kelas.

"Jadi dipecah. Misal kelas 4A ada 32 orang, satu kelas hanya boleh ada 16 orang dan sisanya 16 orang di kelas yang lain. Begitu seterusnya," kata Taga saat dihubungi, Selasa (6/4).

Taga menyebut dalam satu hari hanya ada satu kelas yang akan melaksanakan PTM dan keesokan hari sekolah dikosongkan untuk penyemprotan disinfektan. PTM dilanjutkan kembali pada Rabu dengan jenjang yang mengikuti yaitu kelas 5 SD, kelas 8 SMP, dan kelas 11 SMA/SMK.

Kamis, sekolah kembali kosong untuk sterilisasi dan berlanjut di Jumat untuk kelas 6 SD, kelas 9 SMP, dan kelas 12 SMA/SMK.

"Kelas kan banyak yang kosong. Jadi bisa dipecah ke beberapa kelas. Untuk teknis pembelajaran apabila jumlah guru satu mata pelajaran terbatas, dapat bergiliran. Itu teknis, nanti diserahkan ke sekolah. Makanya itu akan dibicarakan lagi ke sekolah. Beda-beda kan kasusnya sekolah per sekolah," terangnya.

Untuk kelas 1-3 SD masih menerapkan pembelajaran jarak jauh. Dalam satu hari PTM, Taga menyebut sekolah dapat menjadwalkan beberapa mata pelajaran per hari. Namun, hal tersebut masih dalam pembahasan lebih rinci di Dinas Pendidikan.

"Ya kemungkinan sekolah PTM sampai siang. Bisa (beberapa pelajaran). Tapi nanti itu belum diputuskan. Nanti akan diinformasikan lebih lanjut," ujar Taga. (OL-14)

Baca Juga

Dok MI

392 Kios Terbakar di Pasar Inpres Pasar Minggu

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 05:11 WIB
Peristiwa kebakaran itu pertama kali diterima pihak pemadam kebakaran sekitar pukul 18.29 WIB berdasarkan keterangan...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

1500 Nakes RSDC Wisma Atlet Reakreasi ke Dufan

👤Antara 🕔Selasa 13 April 2021, 03:20 WIB
Refreshing juga sebagai upaya menyegarkan kembali pikiran para nakes yang tiap hari bertugas merawat...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Polisi Selidiki Proyektil Nyasar Rumah Warga di Kebon Jeruk

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 00:31 WIB
Kanit Reserse Kriminal Polsek Kebon Jeruk AKP Pradita Yulandi mengatakan pihaknya telah mendatangi lokasi kejadian dan membenarkan adanya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya