Jumat 05 Maret 2021, 07:32 WIB

33.400 Orang di Depok Divaksin Covid-19

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
33.400 Orang di Depok Divaksin Covid-19

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Petugas menyuntikan vaksin CoronaVac ke tenaga kesehatan di Puskesmas Tanah Baru, Depok, Jawa Barat

 

SEBANYAK 33.400 orang di Kota Depok menjalani vaksinasi covid-19 tahap dua. Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita memaparkan, 34.400 orang yang divaksin terdiri atas aparatur sipil negara (ASN), petugas keamanan (TNI dan Polri), guru dan tenaga kependidikan.

Lainnya, wartawan dan pekerja media, kejaksaan, pengadilan, pedagang pasar tradisional dan modern selanjutnya masyarakat lanjut usia (lansia). Kategori lansia yakni berusia di atas 60 tahun.

Ke-33.400 orang divaksinasi 252 vaksinator, bertempat di 60 fasilitas kesehatan (fakes) yang terdiri atas 38 puskesmas, 20 rumah sakit (RS) swasta dan dua RS pemerintah yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan RS Brimob Kelapa Dua, Cimanggis.

"Ke-60 faskes yang ditunjuk pihaknya melayani vaksinasi kepada 33.400 orang merupakan faskes yang selama ini melayani pasien covid-19," tutur Novarita, Jumat (5/3).

Ia menegaskan vaksinasi covid-19 mulai digelar Senin (1/3), sebagai sasaran ASN, guru, TNI dan Polri, wartawan, pedagang, kejaksaan, pengadilan, masyarakat lansia berusia 60 tahun ke atas.

"Program vaksinasi covid-19 digelar secara serentak di 60 faskes sejak 1 Maret 2021, tujuannya untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19," ujar dia.

Baca juga: 3.546 Guru Di Kota Depok Jalani Vaksinasi Tahap Kedua

Ia memaparkan, program vaksinasi merupakan cara jitu memutus rantai penyebaran atau penularan covid-19. Sebab, melalui vaksinasi, ketahanan tubuh atau imun tubuh bisa meningkat, yang tentunya setelah divaksinasi respon imun akan kian kuat.

"Dengan vaksin bisa menekan penyebaran covid-19 dan meminimalisir risiko terpapar covid-19," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok Supian Suri menegaskan ribuan aparatur sipil negara (ASN) atau PNS dilingkup Kantor Pemerintah Kota Depok yang menjalani vaksin tidak ada yang gagal dan berjalan sesuai jadwal.

Ribuan ASN Kota Depok yang disuntik vaksin covid-19 terdiri dari ASN Kelurahan, ASN Kecamatan, ASN pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta guru.

Supian mengatakan, intisari dari pemberian vaksinasi bagi ASN ini supaya pandemi covid-19 bisa segera terlewati.

"Sementara itu, pelaksanaan vaksin untuk para ASN dari tingkat kelurahan, kecamatan dan organisasi perangkat daerah (OPD) dinas, badan dan kantor serta guru tidak mengganggu jam pelayanan karena telah terjadwal," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio

Penumpang Boleh Berbuka Puasa di Dalam KRL

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 13 April 2021, 08:24 WIB
"Selama bulan puasa, KAI Commuter memperbolehkan para pengguna untuk makan dan minum di dalam KRL khusus pada waktu berbuka puasa...
Dok MI

Kebakaran Pasar Minggu, Pemprov DKI Diminta Buat Kios Sementara

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 13 April 2021, 06:15 WIB
IKAPPI meminta Pemprov DKI untuk segera melakukan upaya-upaya dan langkah-langkah percepatan agar pedagang bisa kembali berdagang...
Dok MI

392 Kios Terbakar di Pasar Inpres Pasar Minggu

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 05:11 WIB
Peristiwa kebakaran itu pertama kali diterima pihak pemadam kebakaran sekitar pukul 18.29 WIB berdasarkan keterangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya