Rabu 02 Desember 2020, 09:42 WIB

DPRD DKI Setuju Tambah Subsidi untuk Trans-Jakarta

Yanti Nainggolan, Hilda Julaika | Megapolitan
DPRD DKI Setuju Tambah Subsidi untuk Trans-Jakarta

MI/ANDRI WIDIYANTO
Suasana Halte Trans-Jakarta Bundaran Hotel Indonesia.

 

DPRD DKI Jakarta menyetujui penambahan anggaran untuk subsidi transportasi atau public service obligation (PSO) PT Transportasi Jakarta (Trans-Jakarta) untuk tahun depan. Anggaran subsidi menjadi Rp3,27 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2021.

"Sebab, pelayanan masyarakat, khususnya transportasi, saat ini, menjadi konsen kita," ujar Koordinator Komisi B DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dikutip dari situs resmi DPRD DKI, Rabu (2/12).

Asisten Perekonomian DKI Jakarta Sri Haryati mengatakan kenaikan PSO sebesar 14% tersebut akan digunakan untuk perluasan jangkauan transportasi dan pengintegrasian moda. Tujuannya untuk memudahkan warga Jakarta menggunakan angkutan umum.

Baca juga: DPRD Segera Bahas Revisi Perda RDTR dan Zonasi

"Kita telah melakukan perhitungan secara cermat, bagaimana agar perluasan transportasi tetap kita jalankan," tambah dia.

Selain subsidi pelanggan, PSO juga akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan operasional Bus Rapid Transit (BRT) dan bus pengumpan atau non-BRT. Integrasi antarmoda akan terus dikembangkan, baik bus kecil maupun bus besar.

"Kemudian ada peningkatan juga untuk bus yang terintegrasi dengan koridor utama, sehingga masyarakat yang selama ini belum mendapat layanan Trans-Jakarta dari mikro dan minitrans, pada 2021 akan terlayani," terang Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo.

Sebelumnya, Dishub DKI mengalokasikan subsidi transportasi umum untuk tahun depan. Rinciannya, untuk pelayanan Trans-Jakarta Rp2,87 triliun, MRT Rp509 miliar, dan LRT Rp270 miliar.

Dishub DKI mengusulkan 25 kegiatan dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta Tahun Anggaran 2021. Anggaran yang diusulkan sebesar Rp4,25 triliun. (OL-1)

Baca Juga

MI/Kisar Rajagukguk

Krisis Lahan Pemakaman Jenazah Covid Bukan Hanya di Jakarta

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 24 Januari 2021, 00:50 WIB
WAGUB DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, masalah krisis lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19 bukan hanya di Ibu Kota, melainkan...
dok.mi

RSUD Depok Tak Bisa Lagi Tampung Pasien Covid-19

👤Kisar Rajagukguk 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 23:45 WIB
RSUD Kota Depok sudah terisi penuh pasien positif covid-19 dengan gejala berat. Warga diminta disiplin protokol kesehatan dan jangan ...
Ilustrasi

Manfaatkan PPKM, Pengedar Paket Besar Diciduk Polisi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 20:45 WIB
Polres Metro Jakarta Barat berhasil menangkap seorang pemuda berinisial S (22) di kawasan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya