Minggu 25 Oktober 2020, 21:02 WIB

Pemkab Bogor Terus Lakukan Upaya Atasi Masalah Banjir

Dede Susianti | Megapolitan
Pemkab Bogor Terus Lakukan Upaya Atasi Masalah Banjir

ANTARA
Personel gabungan mengikuti apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Alam di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Jawa Barat, Jumat (23/10).

 

PEMERINTAH Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terus melakukan upaya untuk menanggulangi masalah banjir yang selalu terjadi di setiap musim hujan. Misalnya membangun bendungan dan melakukan pelebaran sungai sungai yang ada.

Bahkan rencana itu sudah beberapa kali dibahas baik di tingkat daerah yang melibatkan Kabupaten Bogor dan Bekasi, maupun tingkat pusat dalam hal ini adalah Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai).

"Kini rencana itu memasuki tahapan sosialisasi," jelas Bupati Bogor Ade Yasin, saat meninjau lokasi banjir di kawasan Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Minggu (25/10).

Banjir di kawasan Boijong Kulur terjadi meluapnya Sungai Cileungsi menyusul hujan deras yang terjadi. Banjir setinggi 170 cm terjadi  di perumahan Villa Nusa Indah, Desa Bojongkulur.

Ade Yasin berharap ke depan BBWS dan Kementerian PUPR segera menyelesaikan persoalan Kali Cikeas dan Cileungsi, karena keduanya berada di Kabupaten Bogor, tetapi titik pertemuannya masuk di Bekasi.

"Saya minta BBWS dan Kementerian PUPR segera menangani masalah ini dan mudah-mudahan pada bulan November akan ada sosialisasi untuk pembangunan bendungan dan pelebaran sungai, yang tentunya harus juga didukung masyarakat," katanya.

Kepada masyarakat, Bupati Ade mengatakan, semoga bencana banjir kali ini yang terakhir. Karena, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Bogor terus berusaha melakukan mitigasi setiap persoalan bencana. Dan di tahun 2021 diharapkan bisa dibangun oleh pemerintah pusat.

Upaya lain yang telah dilakukan adalah penyediaan pompa. Dia menyebut saat ini pihaknya sudah membangun sebanyak 19 pompa air.

Ade Yasin juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati menjelang bulan Desember-Januari, karena curah hujan cukup tinggi. "Selalu adakan mitigasi Desa Tangguh Bencana," pungkasnya. (R-1)

Baca Juga

dok.humas

Pengembangan Desa Wisata Kertarahayu Bekasi Diapresiasi Dirjen Bina Pemdes

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:39 WIB
DESA wisata Kertarahayu mulai dikembangkan pada tahun 2021, diapresiasi  lantaran mampu menerapkan praktik pengembangan pariwisata...
Antara

Gedung Pemerintah di Jakarta Disewakan untuk Bangun IKN 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:09 WIB
"Jadi gedung pemerintah di Jakarta dikomersialkan, disewakan jangka panjang dan uangnya dipakai untuk di sana," ungkapnya kepada...
MI/Andri Widiyanto

Mulai Besok, Rute TransJakarta Ciputat-Tosari Kembali Beroperasi 

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:00 WIB
Dia menambahkan, kebijakan ini juga berdasarkan evaluasi yang dilakukan dari kebutuhan dan permintaan pelanggan yang banyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya