Selasa 08 September 2020, 03:20 WIB

Pertanggungjawaban APBD 2019 tidak Transparan

Selamet Saragih | Megapolitan
Pertanggungjawaban APBD 2019 tidak Transparan

MI/Insi Nantika Jelita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI.

 

EMPAT Fraksi Dewan Perwakil an Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta memutuskan untuk walk out alias keluar da ri ruangan sidang setelah melayangkan protes dan kritikan pada rapat paripurna pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) Tahun Anggaran 2019.

Empat fraksi yang melakukan walk out ialah Fraksi PAN, Fraksi PSI, Fraksi NasDem, dan Fraksi Golkar.

Keempat fraksi itu juga menolak laporan penggunaan ang garan APBD DKI Jakarta TA 2019 dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajaran struktur kerja perangkat daerah (SKPD) karena ada kejanggalan yang belum terjawab eksekutif.

Anggota Fraksi Golkar Basri Baco mengaku kecewa dengan Anies dan para stafnya karena tidak menjalankan hasil reses yang disampaikan anggota DPRD. “Kami tidak melihat adanya niat baik dari eksekutif untuk menjalankan hasil reses,” kata Baco.

Menyusul Sekretaris Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anthony Winza juga menganggap anggota dewan tidak diakomodasi dalam memberikan pendapat dalam rapat paripurna tersebut.

Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani menyampaikan tidak transparansi atau ada tampilan data yang jelas terkait dengan penggunaan anggaran.

“Kami mengingatkan kepada Pak Anies Baswedan bahwa eksekutif tidak bekerja sendiri. Ada kami DPRD. Kami te lah turun ke masyarakat 16 kali untuk mendengarkan aspirasi. Semua keluhan masyarakat itu tidak bisa kami realisasikan karena tidak diterima eksekutif,” tambahnya.

Namun, akhirnya Raperda P2APBD disahkan dewan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap ke depannya pengelolaan pemerintahan bisa lebih transparan dan akuntabel. (Ssr/Dmr/J-1)

Baca Juga

Antara/M. Risyal Hidayat

Warga Sambut Positif HBKB di Jakarta Diadakan Lagi

👤Putri Ansia Yuliani 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:15 WIB
Selain itu, kebijakan ini juga sudah bisa dilakukan karena jumlah vaksinasi di Jakarta juga cukup tinggi sehingga ia menilai kekebalan...
ANtara/Yusuf Nigroho

Minyak Goreng Curah di Kota Bekasi Terpantau Sudah Turun Rp14 Ribu per liter

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:00 WIB
Ia menjelaskan, turunnya harga minyak goreng sudah ditetapkan dari tingkat agen. Para pedagang biasa membeli dalam ukuran jiriken 5 hingga...
MI/Ramdani

Formula E Jadi Momentum Pertumbuhan Kendaraan Listrik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 18:45 WIB
"Hadirnya Formula E ini menjadi momentum awal pertumbuhan industri kendaraan listrik. Ini juga menunjukkan pemerintah concern terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya