Sabtu 05 September 2020, 11:17 WIB

Nekat Buka, Kafe Terbalik Kopi Diancam Denda Progresif

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Nekat Buka, Kafe Terbalik Kopi Diancam Denda Progresif

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Ilustrasi penyegelan

 

KAFE Terbalik Kopi yang ada di Jalan Haji Nawi nekat buka kembali pada Jumat (4/9) usai ditutup pada sidak yang langsung dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta Satpol PP DKI Jakarta pada Kamis (3/9) malam.

Pada penutupan yang dilakukan Kamis (3/9) malam, kafe itu sudah didenda administrasi sebesar Rp10 juta.

Akibat perbuatan itu, pengelola kafe pun diancam dengan sanksi denda progresif karena mengulangi kesalahan yang sama yakni mengabaikan protokol kesehatan.

"Ya sesuai Peraturan Gubernur No 79 tahun 2020 kafe itu diancam denda progresif sebesar Rp50 juta. Karena itu kan belum 1x24 jam. Jadi seharusnya dia belum buka. Pas buka pun protokol kesehatannya harus diperbaiki," kata Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu (5/9).

Baca juga:  Kafe Buka Lagi Pasca-Disegel, Kasatpol PP DKI Naik Pitam

Namun, sanksi denda progresif itu tak langsung bisa diberikan. Arifin akan memanggil pihak pengelola untuk mendengarkan klarifikasi.

Di sisi lain, Arifin menjelaskan pihak pengelola saat pertama kali disidak sama sekali tidak melakukan protokol kesehatan.

"Jadi saat pertama kita sidak bersama Pak Gubernur itu protokolnya sangat tidak lengkap. Pertama, pengunjung begitu masuk tidak ada pengecekan suhu. Hand sanitizer dan wastafel cuci tangan juga tidak diperbanyak. Kemudian yang paling fatal itu pengunjungnya tidak dibatasi, antarkursi dan meja tidak ada jarak yang cukup jauh sampai 2 meter. Itu diulangi lagi pada saat Jumat malam kita datangi lagi," jelasnya.

Ia pun meminta kafe itu ditutup kembali sampai batas waktu yang belum ditentukan.(OL-5)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Soal Anies, Gerindra Minta Kader Paham Kebijakan Partai

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:45 WIB
"Pendapat pribadi tidak boleh melebihi kebijakan partai. Jadi kita minta semua kader bisa memahami, mengerti apa yang menjadi...
MI/Ramdani

Depok Tambah 11 TPU Untuk Pemakaman Jenazah Positif Covid-19

👤Kisar Rajagukguk 🕔Selasa 26 Januari 2021, 08:30 WIB
Pemkot Depok menyiapkan 11 Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk memakamkan pasien terjangkit virus korona atau covid-19 yang meninggal...
ANTARA

PKS Minta Pemprov dan KPU DKI Bersiap Jelang Pilkada 2022

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 26 Januari 2021, 07:27 WIB
Karyatin melanjutkan kesiapan ini juga tidak terkecuali untuk para tokoh yang punya kelayakan untuk ikut tampil dalam kontestasi pilkada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya