Rabu 02 September 2020, 12:29 WIB

DPRD DKI Minta UMKM Diberi Lokasi Khusus, bukan di Trotoar

Yanti Nainggolan | Megapolitan
DPRD DKI Minta UMKM Diberi Lokasi Khusus, bukan di Trotoar

ANTARA/Sigid Kurniawan
Pedagang berjualan di trotoar kawasan Jalan Kramat Raya, Jakarta, Selasa (1/9).

 

ANGGOTA Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menyarankan agar Pemprov DKI menyediakan lokasi khusus untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bukan malahan difasilitasi di trotoar.

"Trotoar hanya mampu menampung 2-3 pelaku UMKM. Perlu lokasi yang dipersiapkan serius," kata dia saat dihubungi, Rabu (2/9).

Anggota Fraksi B tersebut mengungkapkan UMKM berperan penting dalam pemulihan ekonomi, seperti pada masa krisis moneter 1998. Namun, kebijakan ekonomi yang dikeluarkan sebaiknya tidak menabrak aturan yang merugikan pelaku UMKM atau pihak lain.

Baca juga: PKL di Trotoar Tabrak Banyak Aturan

"Memberikan mereka tempat yang tepat, bukan sekedar di trotoar yang juga mengganggu pejalan kaki, keindahan yang juga sangat penting," saran dia.

Pemprov DKI Jakarta bakal memfasilitasi UMKM berjualan di trotoar. Kebijakan tersebut menunggu rekomendasi dari sejumlah instansi.

"Lagi kita kaji rekomendasinya terkait lokasi/trotoar yang bakal jadi tempat berjualan," ucap Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (31/8).

Aset trotoar berada di tangan sejumlah instansi, antara lain Dinas Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Pertamanan, dan pengelola mass rapid transit (MRT).

Walau bakal diberi izin, UMKM hanya dapat berjualan di trotoar yang mengantongi rekomendasi dari dinas terkait. (OL-1)

Baca Juga

MI/Fahrullah

Kemacetan di DKI Dinilai Berkurang, DPRD: Efek PSBB

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 17 Januari 2021, 14:33 WIB
Penurunan tingkat kemacetan di wilayah Ibu Kota tecermin dari data Tom Tom Traffic Index. DKI Jakarta menduduki posisi ke-31 dari total 416...
Antara/Muhammad Adimaja

Cegah Covid-19, PMI Disinfeksi Kapal Rescue SJ 182

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 17 Januari 2021, 13:34 WIB
Penyemprotan disinfektan dilakukan sesuai kapal mencari korban dan material pesawat Sriwijaya Air SJ 182, yang jatuh di sekitar perairan...
MI/M Irfan

Basarnas Pertimbangkan Perpanjang Pencarian Sriwijaya Air SJ-182

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 17 Januari 2021, 13:30 WIB
Ia mengaku masih ada beberapa faktor untuk melanjutkan pencarian. Pertama, hingga Minggu (17/1) pagi, instrumen pesawat seperti Cokcpit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya