Rabu 02 September 2020, 17:44 WIB

PKL yang Jualan di Trotoar akan Disertifikasi oleh Pemprov DKI

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
PKL yang Jualan di Trotoar akan Disertifikasi oleh Pemprov DKI

MI/Bary Fathahilah
Pedagang kaki lima menggelar lapak dagangannya di atas trotoar Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta, Senin (1/6/2020).

 

KEPALA Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menjamin pihaknya tidak akan begitu saja mengizinkan PKL di trotoar. Hari menyebut banyak syarat yang harus dipenuhi oleh para PKL sebelum disetujui menempati ruang bagi pejalan kaki tersebut.

"Yang jelas nanti beda-beda penjualnya dan tidak permanen. Lalu ada standar kebersihan yang harus dijalani. Juga ada standar bagaimana menjual dan membuat produknya, membuang limbahnya. Sehingga kebersihan dan kenyamanan trotoar tetap terjaga," kata Hari saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (2/9/2020).

Baca juga: Pelebaran Trotoar untuk Akomodasi PKL

PKL yang ditempatkan di lokasi trotoar nantinya akan mendapatkan sederet pelatihan dan harus disertifikasi. Sehingga, tidak sembarang PKL yang bisa berjualan di trotoar.

"Harus disaring dan nanti disertifikasi. Jadi tidak sembarangan karena harus betul-betul menjaga kenyamanan agar ruang bagi pejalan kaki tidak terganggu," tegasnya.

Di sisi lain, keberadaan PKL nantinya dipastikan bukan menjadi penghalang bagi pejalan kaki melainkan sarana pelengkap.

Baca juga:  Pelebaran Trotoar untuk Akomodasi PKL

Sebab, seperti di luar negeri, banyak trotoar yang juga terdapat segelintir kios PKL di atasnya untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung.

"Misalnya kan ada kios yang khusus memberikan informasi mengenai kota Jakarta, wisatanya, dan lain-lain juga sembari menjual minuman dan makanan ringan atau suvenir dan menyediakan pamflet informasi. Ini kan sudah banyak yang seperti ini," tegas Hari. (Put/A-3)

Baca Juga

Antara

Halau Pemudik, Polda Metro Turunkan Personel Tambahan di Bekasi

👤Ant 🕔Selasa 11 Mei 2021, 02:10 WIB
Selain menambah personel, petugas juga mendirikan pos penyekatan baru tidak jauh dari lokasi penyekatan eksis guna menghalau kepadatan...
Antara

Anies: Jangan Halal Bihalal, Baik di Rumah atau Kantor

👤Selamat Saragih dan Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 10 Mei 2021, 20:05 WIB
Anies meminta agar acara kunjungan dilakukan secara virtual sampai dengan akhir bulan Syawal atau sebulan ke depan sejak Hari Raya Idul...
Dok kejagung

Kejagung Gelar Pasar Murah Virtual Khusus Pengemudi Ojol

👤RO/Micom 🕔Senin 10 Mei 2021, 19:11 WIB
Kegiatan ini untuk menunjang gerakan penerintah 'Jangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya