Senin 24 Agustus 2020, 16:12 WIB

Reklamasi Ancol Ditunda

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Reklamasi Ancol Ditunda

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Massa yang tergabung dalam Gerakan Nasional Tolak Reklamasi Jakarta menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Balai Kota, Jakarta.

 

DIREKTUR Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali menyebut pihaknya belum akan melaksanakan proyek reklamasi Ancol dalam waktu dekat.

Sebabnya saat ini pendapatan BUMD DKI itu turun drastis akibat terhantam wabah covid-19. Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan pembatasan ekstrem pada pertengahan Maret saat wabah covid-19 mulai melanda Ibu Kota.

Seluruh tempat wisata harus tutup untuk mencegah penularan wabah diikuti dengan penetapan PSBB yang pertama pada 9 April. Pada masa PSBB Transisi pun, tempat wisata hanya boleh menampung 50% pengunjung dan dibuka sejak 20 Juni.

"Untuk perluasan Ancol kami masih tunda karena 'cash flow' kami masih berat," kata Syahali dalam paparan publik PT Pembangunan Jaya Ancol yang dilakukan melalui diskusi virtual, Senin (24/8).

Syahali menyebut Juni tahun ini Ancol hanya meraup pendapatan Rp146 miliar. Sementara total sejak Januari hingga Juni tahun ini Ancol meraih pendapatan Rp3,3 triliun. Jumlah ini turun 58% dibandingkan pendapatan pada periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp7,7 triliun.

Baca juga: Pengamat: DPRD Harus Dorong Gubernur Batalkan Reklamasi Ancol

Menurutnya, perluasan yang akan dilakukan dengan metode reklamasi itu baru akan dilakukan saat keuangan perusahaan stabil dan meraup untung serta saat seluruh proses perizinan dan kewajiban yang disyaratkan dalam Keputusan Gubernur No 237 tahun 2020 terpenuhi.

"Kita akan melakukan itu kalau sudah siap dan seluruh proses perizinan serta kewajiban kita selesai," ujarnya.

Saat ini PT Pembangunan Jaya Ancol menyebut sedang melakukan proses perizinan dan melakukan berbagai kajian yang disyaratkan untuk melakukan reklamasi.

"Seperti amdal. Kami sedang memprosesnya. Mudah-mudahan bisa segera selesai," tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Polda Metro Kembali Gelar Street Race pada Januari 2023 

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:24 WIB
Diketahui, Polda Metro Jaya sudah lima kali menggelar ajang balap jalanan (street race), di mana kompetisi perdana berlangsung di Ancol...

Dua Kali Beraksi, Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Depok Ditangkap

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:03 WIB
Pelaku melancarkan aksinya seorang diri. Bahkan, dalam semalam, ia menyatroni dua rumah kosong di lokasi yang...
dok.ist

Korban Investasi Bodong PAC Sambangi Bareskrim Tanyakan Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:27 WIB
KUASA Hukum Heber Sihombing  beserta para korban penipuan investasi dana reksa PT Pan Arcadia Capital (PAC) menyambangi Bareskrim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya