Selasa 18 Agustus 2020, 09:03 WIB

Denda Pelanggaran PSBB di DKI Capai Rp2,8 Miliar

Yanti Nainggolan | Megapolitan
Denda Pelanggaran PSBB di DKI Capai Rp2,8 Miliar

ANTARA/M Risyal Hidayat
Petugas Satpol PP mengawasi pelanggar aturan PSBB melaksanakan sanksi kerja sosial dengan menyapu sampah di kawasan Sabang, Jakarta.

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mengawasi warga Jakarta dalam menjalankan protokol kesehatan. Sanksi pidana menanti para pelanggar.

"Sejauh ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menertibkan lebih dari 80 ribu pelanggar yang telah dikenakan sanksi denda mencapai Rp2,8 miliar," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (17/8).

Penertiban pelanggar, lanjut dia, ini bukan semata-mata pemerintah memberikan sanksi untuk mendapatkan denda. Namun, sanksi tersebut lebih kepada upaya peningkatan kedisiplinan, keselamatan, dan perlindungan bersama.

Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan TNI, Polri, Kejaksaan, jika sanksi pidana terpaksa diberlakukan.

Baca juga: Pasen Sembuh Covid-19 di Jakarta Hampir Tembus 20 Ribu

"Terpenting, semua elemen dimulai dari lingkungan RT/RW harus melaksanakan protokol kesehatan dengan baik, dan memastikan peningkatan sarana-prasarana pendukung," tutur dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan Pemprov DKI sudah mengumpulkan Rp2,75 miliar dari denda terhadap pelanggaran PSBB transisi. Anies menyebut pemberian sanksi ini bukan untuk mendapatkan denda semata melainkan demi keselamatan warga DKI.

Anies bersama jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sempat meninjau sejumlah rumah makan di kawasan Jakarta. Ada tempat usaha yang sudah menerapkan protokol kesehatan dan ada yang melanggar berulang.

"Tim Satpol PP telah dan akan terus menerus melakukan pemeriksaan memastikan protokol kesehatan berjalan. Peraturan tentang protokol dan sanksi sudah sejak Mei lalu," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, Senin (10/8). (OL-1)

Baca Juga

dok.humas

Pengembangan Desa Wisata Kertarahayu Bekasi Diapresiasi Dirjen Bina Pemdes

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:39 WIB
DESA wisata Kertarahayu mulai dikembangkan pada tahun 2021, diapresiasi  lantaran mampu menerapkan praktik pengembangan pariwisata...
Antara

Gedung Pemerintah di Jakarta Disewakan untuk Bangun IKN 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:09 WIB
"Jadi gedung pemerintah di Jakarta dikomersialkan, disewakan jangka panjang dan uangnya dipakai untuk di sana," ungkapnya kepada...
MI/Andri Widiyanto

Mulai Besok, Rute TransJakarta Ciputat-Tosari Kembali Beroperasi 

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:00 WIB
Dia menambahkan, kebijakan ini juga berdasarkan evaluasi yang dilakukan dari kebutuhan dan permintaan pelanggan yang banyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya