Jumat 10 Juli 2020, 18:10 WIB

Partai NasDem Pertanyakan Kajian Reklamasi Ancol

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Partai NasDem Pertanyakan Kajian Reklamasi Ancol

MI/Ramdani
Taman Impian Jaya Ancol

 

Anggota Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh mempertanyakan kebijakan pelaksanaan reklamasi Ancol yang dituangkan dalam Keputusan Gubernur No. 237 tahun 2020.

Nova menegaskan pihak PT Pembangunan Jaya Ancol harus melakukan kajian terlebih dulu sebelum bisa melakukan reklamasi.

"Kalau saya yang terpenting ketika melakukan pembangunan seperti reklamasi ya harus ada kajiannya. Kajiannya mana? Itu harus dibuka ke publik," kata Nova, Jumat (10/7).

Baca juga: Pemprov DKI Tugaskan Ancol Buat Kajian Perluasan Daratan

Nova memaparkan untuk melakukan reklamasi, kajian yang harus dilakukan cukup banyak, dimulai dari analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) dan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri LHK No P.69/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2017 tentang Pelaksanaan PP no. 46 tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan KLHS.

Selain itu, PT Pembangunan Jaya Ancol juga wajib memperoleh izin reklamasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) karena luas daratan yang akan dicapai dari hasil reklamasi lebih dari 100 hektare. Kewajiban ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 25 tahun 2019 tentang Izin Pelaksanaan Reklamasi.

"Yang saya garisbawahi itu. Silakan sampaikan, menimbunnya nanti bagaimana, juga harus ada zonasi tata ruang. Itu semua harus mumpuni. Jangan lupa urgensinya apa. Kalau cuma untuk menampung wisatawan lebih banyak, memangnya saat ini area Ancol itu kurang? Berapa sih turis yang datang ke sana tiap tahun di akhir pekan? Kajian itu sudah ada belum," ujar Nova. (OL-14)

Baca Juga

MI/ Syarief Oebaidillah

Mimpi Gerai Lengkong Tangsel Majukan UMKM Beromzet Miliaran

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:39 WIB
Ia juga meminta para pengelola UMKM membuka diri, untuk bisa melatih dan memperbaiki...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bertambah, Dana Boeing yang Diselewengkan Rp107,3 M

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:49 WIB
Dikatakan sebelumnya, jumlah total penyelewengan dana oleh ACT berjumlah Rp68 miliar, saat ini bertambah menjadi Rp107, 3...
MI

Manajer BCL Ditangkap Terkait Psikotropika, Keluarga Ajukan Rehabilitasi

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:38 WIB
"Benar, hari Jumat sekira pukul 14.00 WIB pihak keluarga mendatangi Polres Metro Jakarta Barat untuk mengajukan proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya