Kamis 23 April 2020, 12:40 WIB

Dinas Perumahan Tunggu Payung Hukum Pembebasan Biaya Sewa Rusun

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dinas Perumahan Tunggu Payung Hukum Pembebasan Biaya Sewa Rusun

MI/Bary Fathahilah
Rusunawa KS Tubun Jakarta

 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko mengatakan pihaknya sudah mengusulkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penghapusan retribusi rusunawa bagi warga penghuni atau penyewa kios-kios usaha di rusunawa. Usulan penghapusan biaya sewa ini untuk meringankan beban masyarakat kecil yang turun pendapatannya selama wabah covid-19.

"Bahwa pada 2 April 2020 kami sudah menyampaikan telaah staf dan rekomendasi kepada Pak Gubernur terkait usulan pembebasan pembayaran retribusi sewa rusunawa selama masa tanggap darurat covid-19," kata Sarjoko saat dihubungi, Kamis (23/4).

Atas usulan itu, Sarjoko melanjutkan, pihaknya sudah melakukan rapat bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD).

Baca juga: Hari Ini, 694 Pasien Dirawat di RSD Wisma Atlet

"Rapat pada 7 April 2020 itu membahas rencana relaksasi retribusi di beberapa SKPD. Lalu rencananya akan diterbitkan Kepgub yang mengatur relaksasi retribusi di beberapa SPKD termasuk rusunawa," tukasnya.

Usulan itu sudah disetujui. Namun, untuk payung hukumnya masih diproses oleh Biro Hukum DKI.

Sebelumnya, politikus PDIP Yuke Yurike yang juga anggota DPRD DKI Jakarta meminta agar ada keringanan biaya sewa rusunawa. Para penghuni unit rusunawa sudah mengeluhkan kesulitan membayar retribusi karena pendapatan yang menurun drastis akibat wabah covid-19. (OL-14)

 

Baca Juga

dok.ist

Komunitas Sopir Truk DKI Berikan Alat Las dan Steam untuk Sopir Truk di Jaktim

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 02 Februari 2023, 06:15 WIB
KOMUNITAS sopir truk DKI Jakarta pendukung Ganjar Pranowo memberikan alat steam dan las, untuk para sopir truk yang berasal dari sejumlah...
Dok. MI

Proyek Penyaringan Sampah Kali Ciliwung Baru Rampung Bulan Depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:57 WIB
Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menargetkan proyek penyaringan sampah Kali Ciliwung selesai pada Januari ini. Namun, terdapat kendala dalam...
Antara

DPRD DKI: Wisma Atlet Bisa Dijadikan RS Anak

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:17 WIB
Pemprov DKI Jakarta pun diminta untuk berkomunikasi dengan pemerintah pusat. Dalam hal ini, untuk mengambil alih pengelolaan Wisma Atlet,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya