Jumat 03 April 2020, 14:55 WIB

Selain Bantuan ke Warga, DPRD Minta Tenaga Medis Diperkuat

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Selain Bantuan ke Warga, DPRD Minta Tenaga Medis Diperkuat

MI/Dwi Apriani
Petugas medis di Wisma Atlet Jakabaring

 

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN, Zita Anjani berpendapat selain memfokuskan bantuan ke warga, pemerintah wajib menyiapkan tenaga medis yang baik.

"Covid-19 kalau ditangani dengan baik tidak akan mematikan. Nah, yang buat mematikan itu karena sistem kesehatan yang enggak bagus. Jadi, tenaga medis harus diperkuat sama dikasih jaminan sosial buat yang enggak mampu," kata Zita di Jakarta, Kamis (3/4).

Menurut Zita, sebagai garda terdepan melawan covid-19, petugas medis harus memiliki senjata yang kuat. Misalnya, ketersediaan alat pelindung diri (APD) yang cukup dan kebutuhan lainnya.

"Tenaga medis harus betul-betul dipersiapkan dengan baik. Ibaratnya mereka tentara. Mereka adalah garda terdepan kita. Gimana mau perang kalau virusnya tidak kelihatan dan mereka enggak punya perlindungan. Belum perang sudah kalah duluan," ucap Zita.

Baca juga: Legislator harus Bantu Tim Medis Lawan Covid-19

Zita juga menegaskan saat ini tidak perlu ribut mempermasalahkan ada karantina wilayah atau tidak. Ia mencontohkan di negara lain, yakni Singapura yang tidak menerapkan karantina, tapi berhasil menekan penularan covid-19.

"Karena mereka punya tim medis yang luar biasa. Jadi, bisa menghadapi wabah ini. Yang penting banget tenaga medis diperhatikan," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan saat ini sudah ada 70 rumah sakit (RS) yang menangani covid-19 dan 13 diantaranya jadi RS rujukan. Hingga kemarin (2/4) sudah ada 1.300 pasien yang masih dirawat.

"Masih ada 707 antre menunggu hasil lab. Ada 1 permintaan adalah rumah sakit yang 70 itu kebanyakan swasta. Mereka mengharapkan dukungan BPJS agar tidak ada keterlambatan di dalam pembayaran tagihannya," pungkas Anies. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Wahyu Putro A

Jakarta Diprediksi Hujan Deras Hingga Siang Hari

👤Yanti Nainggolan 🕔Kamis 21 Januari 2021, 09:27 WIB
BPBD DKI Jakarta mengimbau para organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar...
AFP/ADITYA SAPUTRA

PPATK Sebut Klaim Tuduhan FPI tidak Berdasar

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 21 Januari 2021, 09:12 WIB
Munarman mengklaim pemerintah dapat berlaku seenaknya dalam memblokir rekening...
ANTARA/Aprillio Akbar

Wagub DKI Sebut TPU Rorotan bukan Prioritas untuk Korban Covid-19

👤Yanti Nainggolan 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:39 WIB
Saat ini, Pemprov DKI masih memprioritaskan pengisian lahan di beberapa TPU lain, misalnya di TPU Srengseng Sawah dan TPU Tanah Kusir,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya