Sabtu 04 Januari 2020, 10:38 WIB

Disdukcapil Bekasi Data Warga yang Berkasnya Rusak karena Banjir

Gana Buana | Megapolitan
Disdukcapil Bekasi Data Warga yang Berkasnya Rusak karena Banjir

MI/Gana Buana
Warga Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Kota Bekasi mengeringkan berbagai dokumen berharga miliknya yang terendam banjir.

 

PETUGAS Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi mulai mendatangi korban banjir, Sabtu (4/1). Para petugas mendata dan memverifikasi data kependudukan milik warga sebagai bekal penggantian berkas yang rusak.

“Kita data dulu, petugas ada yang jemput bola ke lokasi banjir terparah,” ungkap Kepala Disdukcapil Kota Bekasi Muhammad Taufiq, Sabtu (4/1).

Taufiq mengatakan pemerintah daerah sesuai amanah Kemendagri ikut aktif dalam penggantian dokumen kependudukan milik warga yang rusak. Namun, terlebih dahulu petugas akan melakukan verifikasi.

“Verifikasi dulu berkasnya, apalagi warga yang tidak bawa berkas atau berkasnya rusak sama sekali akibat banjir kemarin,” jelas Taufiq

Baca juga: Mobil belum Lunas Berujung Nahas

Hari ini, kata Taufiq, petugas jemput bola mendatangi tiga lokasi yakni di Perum Villa Jatirasa, Kecamatan Jatiasih; Perum Kejaksaan, Kelurahan Kayuringin, Kecamatan Bekasi Selatan; dan Kampung Rawa Pasung, Kalibaru, Medansatria. Setelah itu, petugas akan mencetak dokumen kependudukan di kantor kecamatan masing-masing.

“Mudah-mudahan sore sudah bisa didistribuskan oleh petugas Pamor (pemantau dan monitoring),” kata dia.

Seperti yang diketahui, sejumlah warga korban banjir tidak hanya kehilangan harta benda mereka. Surat-surat lainnya serta dokumen kependudukan mereka pun ikut rusak akibat terendam air banjir.

Seperti yang diungkapkan, Aziz Pane, 68, salah satu korban banjir di Perumahan Pondok Gede Permai (PGB). Ia mengaku hanya memegang selembar surat keterangan (Suket) pengganti e-KTP.

“Sudah rusak semua, saya hanya punya selembar suket ini doang,” tandas dia. (OL-2)

Baca Juga

ANTARA/Aprillio Akbar

BKD DKI Sebut tak ada ASN DKI Langgar Peraturan Mudik

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:22 WIB
Sejauh ini menurutnya, para ASN mematuhi edaran yang diterbitkan untuk tidak melakukan mudik guna mencegah penularan virus...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Rizieq Shihab Dituntut 10 Bulan Penjara

👤Antara 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:05 WIB
Hal yang memberatkan terdakwa Rizieq Shihab seperti tidak mendukung program pemerintah dalam percepatan pencegahan COVID-19 bahkan...
ANTARA FOTO/Siswo Widodo

PPKM Mikro Jilid 8 Bakal Berlaku Besok

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:02 WIB
Alasan untuk melanjutkan penerapan PPKM mikro, ialah berkaca dari dinamika yang terjadi dalam beberapa waktu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya