Jumat 22 Februari 2019, 23:00 WIB

Polres Jakbar Bongkar Sindikat Ganja Berbungkus Kopi

Antara | Megapolitan
Polres Jakbar Bongkar Sindikat Ganja Berbungkus Kopi

Paket ganja berbungkus kopi yang diungkap Polres Jakbar/Foto: Dok. Polres Jakbar

 

SATUAN Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil membongkar dan menggagalkan modus baru sindikat peredaran narkotika jenis ganja jaringan Aceh-Jakarta-Sukabumi.  

Dari pengungkapan tersebut, polisi menangkap tiga tersangka, yakni TFA (21), AP (21) dan MN (21) dengan barang bukti 31 paket ganja yang disimpan di dalam bungkus kopi.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi mengungkapkan, penangkapan terhadap tiga tersangka sindikat ganja ini merupakan hasil kerja sama dengan Dit Resnarkoba Polda Aceh dengan Polres Metro Jakarta Barat

"Berdasarkan kerja sama dengan Direktorat Resnarkoba Polda Aceh didapati informasi bahwa akan ada pengiriman paket yang diduga narkotika jenis ganja kering melalui pengiriman paket Pos Kilat via udara, kemudian kami segera menindaklanjuti informasi tersebut," ujar Hengki, Jumat (22/2)

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendiz menjelaskan,berdasarkan penemuan paket ganja tersebut Kanit 2 Narkoba Polres Jakbar AKP Arif Oktora berkordinasi dengan Kantor Pos Wilayah Jakarta timur di Jalan Pemuda, Pulogadung (Jakarta Timur) dan dilakukan "control delivery" atas nama penerima di Matraman, namun alamat tersebut fiktif.

Kemudian tim mendapat informasi bahwa ada seseorang yang datang menanyakan paket yang diduga narkotika jenis daun ganja kering.

Baca juga : Tujuh Paket Narkoba Ditemukan di Kolong Tol Tanjung Priok

"Dari keterangan itu, kita menangkap tersangka TFA dan AP di dua tempat berbeda, yaitu di Jl. Pemuda Pulogadung Jakarta Timur dan di Jl. Multi Karya, Utan Kayu, Jakarta Timur pada Rabu (20/2)," kata Erick.

Erick menjelaskan pengungkapan narkoba ganja ini merupakan modus Baru karena para pelaku mengemasnya menggunakan bungkus kopi.

Arif menjelaskan berdasarkan keterangan tersangka, selain dari Aceh tersangka juga memesan ganja dari Sukabumi dan Karawang sebanyak sembilan kali pengiriman dengan jumlah 140 kilogram ganja.

Dari pengakuan tersangka narkoba jenis ganja ini akan diedarkan di Jakarta khususnya Jakarta Timur dan Jakarta Pusat.   

"Barang tersebut dipesan melalui pelaku SN (DPO) dan kita masih melakukan penyelidikan," katanya.

Menurut keterangan dari tersangka TFA, ia mendapat perintah untuk mengambil paket yang diduga daun ganja kering dari MN alias Bule yang sudah tertangkap.

Tiga tersangka tersebut kini mendekam di Mapolres Jakarta Barat dan diancam pasal 114 ayat 2 sub 111 ayat 2 Jo pasal 132 UU Nomor 35 Tahun 2009. (Ant/OL-8)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

BMKG: Hujan Berpotensi Mengguyur Jaksel dan Jaktim Siang Ini

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 28 Juni 2022, 09:31 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, wilayah Jakarta Timur dan Selatan siang ini akan diguyur hujan dengan...
Medcom

Pelaku Pelecehan di Mal Di Bintaro Penderita Gangguan Jiwa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:00 WIB
Pelaku tindakan asusila terhadap seorang anak di sebuah mal (pusat perbelanjaan) di kawasan Bintaro, merupakan pengidap gangguan jiwa alias...
Dok. Pribadi

Kasus Pemukulan, Andy Cahyady Pertanyakan Status Kuasa Hukum dan Penjamin Wenhai Guan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:30 WIB
Andy mempertanyakan kapasitas Marna Ina sebagai advokat dalam kasus tersebut kepada Kejaksaan Tinggi DKI...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya