Sabtu 14 Januari 2023, 11:00 WIB

AS Terancam Gagal Bayar Utang

Cahya Mulyana | Internasional
AS Terancam Gagal Bayar Utang

AFP
Ilustrasi

 

Menteri Keuangan Janet Yellen memberi tahu Kongres bahwa Amerika Serikat (AS) akan mencapai batas pagu utang tertinggi pemerintah pada Kamis (19/1). Dia meminta Kongres bersama eksekutif menggunakan tindakan luar biasa untuk menghindari gagal bayar.

Dalam surat kepada pimpinan DPR dan Senat, Yellen mengatakan tindakannya akan mengulur waktu sampai Kongres bisa menyetujui undang-undang yang akan menaikkan otoritas pinjaman negara itu US$31,4 kuadriliun. Pilihan lain menangguhkan lagi pembayaran utang untuk suatu periode.

Maka, Yellen menyatakan, penting agar Kongres bertindak segera. “Kegagalan untuk memenuhi kewajiban pemerintah akan menyebabkan kerusakan yang tidak bisa diperbaiki pada ekonomi Amerika, mata pencaharian semua orang Amerika, dan stabilitas keuangan global,” katanya.

Dalam Kongres yang baru, debat pagu utang hampir pasti akan memicu pertikaian politik antara anggota fraksi Republik, yang kini menguasai DPR. Mereka ingin memotong anggaran belanja setelah Presiden Joe Biden dan fraksi Demokrat dalam dua tahun ini menikmati kendali di institusi tersebut.

Gedung Putih bersikeras tidak akan membiarkan kredit negara disandera oleh tuntutan anggota fraksi Republik.

Yellen mengatakan Departemen Keuangan tidak bisa memperkirakan berapa lama tindakan luar biasa akan memungkinkan Amerika dapat membayar kewajiban utang. "Tidak mungkin uang tunai dan tindakan luar biasa akan habis sebelum awal Juni," pungkasnya. (VOA/OL-12)

Baca Juga

AFP

Jepang Perketat Sanksi terhadap Rusia dan Perluas Daftar Larangan Ekspor

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:49 WIB
Mereka menambahkan beberapa barang ke dalam daftar larangan ekspor dan membekukan aset-aset para pejabat dan entitas-entitas...
Alaa BADARNEH / POOL / AFP

Presiden Palestina Umumkan Berkabung Nasional Atas Peristiwa di Kamp Jenin

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:15 WIB
Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Kamis (26/1) mengumumkan hari berkabung nasional selama tiga hari bagi warga Palestina yang tewas...
AFP/Oleksandr Gimanov.

Menlu Ukraina Harap Indonesia Terlibat Proses Perdamaian

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:10 WIB
Kuleba mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo yang berkunjung ke Kyiv ketika agresi Rusia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya