Senin 09 Januari 2023, 15:46 WIB

RI-Malaysia Ingin Perjanjian Perbatasan Segera Rampung

Andhika Prasetyo | Internasional
RI-Malaysia Ingin Perjanjian Perbatasan Segera Rampung

AFP
Pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Bogor, Jawa Barat.

 

INDONESIA dan Malaysia sepakat untuk segera menyelesaikan pembahasan perjanjian perbatasan darat Segmen Sebatik dan Sinapad Sesai, serta perbatasan laut di Laut Sulawesi dan Selat Malaka.

Adapun draf final perjanjian tersebut ditargetkan bisa ditandatangani pada tahun ini. "Mengenai perbatasan, tadi kita telah bersepakat agar MOU perbatasan darat Segmen Sebatik dan segmen Sinapad Sesai dapat ditandatangani tahun ini," ujar Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (9/1).

"Berikut, perjanjian laut di Laut Sulawesi dan Selat Malaka bagian selatan agar bisa disepakati tahun ini," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Terima Kunjungan Kenegaraan PM Malaysia Anwar Ibrahim

Jokowi, sapaan akrabnya, turut mengapresiasi dukungan Malaysia terhadap perjanjian Flight Information Region antara Indonesia dan Singapura. Dengan adanya dukungan dari Negeri Jiran, proses penyesuaian area layanan navigasi di International Civil Aviation Organization (ICAO) dapat dilanjutkan dan diselesaikan.

Selain membahas perihal perbatasan, Jokowi dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim juga membahas upaya penguatan sektor kelapa sawit yang merupakan industri penting bagi kedua negara.

Baca juga: PM Malaysia: Kami Punya Kepentingan di IKN

"Kita sepakat memperkuat kerja sama melalui Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC). Untuk meningkatkan pasar minyak kelapa sawit dan memerangi diskriminasi terhadap kelapa sawit," jelas Presiden.

Dalam kesempatan yang sama, terkait perjanjian perbatasan, PM Anwar Ibrahim meyakini bahwa pembahasan ke depan tidak akan terlalu rumit. Oleh karena itu, dirinya berpendapat target selesai pada tahun ini sangat mungkin bisa dicapai.

"Hal-hal perbatasan tentu akan kita cermati dan implementasikan. Dari pengarahan yang saya terima, tidak terlalu rumit. Itu hanya perlu tekad yang jelas," pungkas Anwar.(OL-11)

Baca Juga

AFP

Ancaman Korut Meningkat, AS dan Korsel Perkuat Kerja Sama Keamanan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 31 Januari 2023, 21:56 WIB
Amerika Serikat dan Korea Selatan sepakat untuk memperluas latihan militer bersama dan kerja sama keamanan, di tengah ancaman nuklir dari...
AFP

Mayoritas Korban Bom Bunuh Diri di Pakistan Anggota Kepolisian

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 31 Januari 2023, 21:42 WIB
Hingga saat ini, jumlah korban tewas akibat serangan bom bunuh diri di wilayah Peshawar, Pakistan, mencapai 89 orang. Adapun 150 orang...
AFP/Noel CELIS

Tiongkok Yakin Pandemi Segera Berakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 14:34 WIB
Otoritas kesehatan Tiongkok merasa yakin pandemi covid-19 segera berakhir seiring dengan jumlah kasus positif dan kematian yang terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya