Kamis 03 November 2022, 10:18 WIB

Korut Luncurkan Puluhan Rudal, Salah Satunya Lewati Jepang

Cahya Mulyana | Internasional
Korut Luncurkan Puluhan Rudal, Salah Satunya Lewati Jepang

(Photo by KCNA VIA KNS / KCNA VIA KNS / AFP).
Ilustrasi

 

Korea Utara (Korut) menembakkan puluha rudal pada Rabu hingga Kamis (3/11) dengan salah satunya merupakan rudal balistik yang belum dikenal. Rudal itu tampak terbang melintasi wilayah udara Jepang.

“Korut menembakkan rudal balistik tak dikenal ke arah Laut Timur,” kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Pada Rabu (2/11), Pyongyang meluncurkan 23 rudal, termasuk satu yang mendarat di lepas pantai Korea Selatan. Keesokan harinya, Pyongyang meluncurkan rudal balistik yang melintasi wilayah udara Jepang yang menjadi peristiwa kedua dalam sebulan terakhir.

Media lokal melaporkan bahwa sirene serangan udara berbunyi di pulau Ulleungdo di timur Korea Selatan. Penduduknya diperingatkan untuk mencari perlindungan setelah salah satu rudal balistik jarak pendek Pyongyang melintasi perbatasan laut de facto.

Jepang juga mengonfirmasi peluncuran rudal Korut dengan pemerintah setempat mengeluarkan peringatan khusus kepada penduduk wilayah utara sesaat sebelum jam 8.00 pagi waktu setempat. Pihak berwenang menyuruh warga untuk tetap tinggal di dalam rumah atau mencari perlindungan.

Kantor berita Yonhap melaporkan rudal itu melewati tahap pemisahan, menunjukkan itu mungkin senjata jarak jauh. “Bahwa rudal itu disertai dengan peringatan evakuasi sangat menyarankan IRBM atau kemungkinan ICBM (rudal balistik jarak jauh) pada peluncuran jarak penuh,” kata laporan NK News.

"Yang terakhir bisa sangat mengkhawatirkan bagi sebagian orang jika berhasil menempuh jarak yang signifikan,” tambah laporan tersebut.

Pada 4 Oktober, Korut menembakkan rudal ke Jepang yang juga memicu peringatan evakuasi. Pyongyang kemudian mengklaim itu adalah rudal balistik jarak menengah tipe baru dari darat ke darat.

Peluncuran itu adalah pertama kalinya oleh Korut yang menyentuh Jepang sejak 2017. Pyongyang kemudian mengklaim peluncuran dan badai salju tes lain di sekitar waktu yang sama adalah latihan nuklir taktis yang disimulasikan menghujani Korea Selatan dengan rudal berujung nuklir.

Beberapa peluncuran rudal Pyongyang pada Rabu terjadi ketika Seoul dan Washington melakukan latihan udara bersama terbesar mereka, yang dijuluki badai waspada, yang melibatkan ratusan pesawat tempur dari kedua belah pihak.

Pyongyang menyebut latihan itu sebagai latihan militer yang agresif dan provokatif yang menargetkan DPRK. Mereka memperingatkan bahwa Korea Selatan dan AS akan membayar harga paling mengerikan dalam sejarah.

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol mengatakan, serangan rudal Korut secara efektif merupakan invasi teritorial. Pyongyang juga menembakkan rentetan artileri ke zona penyangga maritim yang menurut para ahli adalah bagian dari tanggapan agresif dan mengancam terhadap latihan udara gabungan AS-Korea Selatan.

Satu rudal balistik jarak pendek melintasi Garis Batas Utara, perbatasan maritim de facto, mendorong peringatan langka bagi penduduk di pulau Ulleungdo untuk mencari perlindungan di bunker.

Korea Selatan, pada bagiannya, mengatakan pihaknya menembakkan tiga rudal udara-ke-darat ke laut menuju utara batas maritim kedua negara. Itu juga menutup beberapa rute udara di atas Laut Timur, menyarankan maskapai penerbangan lokal untuk memutar untuk memastikan keselamatan penumpang di rute ke Amerika Serikat dan Jepang.

Korut merevisi undang-undangnya pada September, dengan pemimpinnya Kim Jong Un menyatakan negara itu sebagai kekuatan nuklir yang tidak dapat diubah, yang secara efektif mengakhiri negosiasi atas program senjata terlarangnya.

Washington dan Seoul telah berulang kali memperingatkan bahwa peluncuran rudal Kim baru-baru ini dapat berujung pada uji coba nuklir lain, yang akan menjadi yang ketujuh bagi Pyongyang.

“Ini adalah acara pra-perayaan Korea Utara menjelang uji coba nuklir mereka yang akan datang,” kata Ahn Chan-il, seorang sarjana studi Korea Utara. (AFP/OL-12)

Baca Juga

Dok Ist

Ensiklopedia Mushaf Alquran Terlengkap Umat Islam Diluncurkan di Turki

👤Siswantini Suryandari 🕔Selasa 29 November 2022, 17:33 WIB
Alquran dengan berbagai varian (qiraat) dan riwayat bacaannya akan dikodifikasi dalam sebuah produk cetak dan elektronik. Ini pertama kali...
AFP

Kota-kota Tiongkok di Bawah Pengawasan Ketat setelah Protes Meluas

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 29 November 2022, 16:01 WIB
Kebakaran mematikan pekan lalu di Urumqi, ibu kota wilayah Xinjiang, Tiongkok barat laut, menjadi pemicu kemarahan...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Palestina Sebut Beberapa Orang Tewas di Tepi Barat oleh Pasukan Israel

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 29 November 2022, 15:54 WIB
Tiga warga Palestina tewas oleh pasukan Israel di Tepi Barat, Selasa (29/11), kata kementerian kesehatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya