Rabu 25 Mei 2022, 09:08 WIB

Cela AS-Israel, Ribuan Orang Iran Hadiri Pemakaman Kolonel yang Dibunuh

Mediaindonesia.com | Internasional
Cela AS-Israel, Ribuan Orang Iran Hadiri Pemakaman Kolonel yang Dibunuh

AFP/Atta Kenare.
Wanita Iran berkumpul selama prosesi pemakaman untuk Kolonel Pengawal Revolusi Iran Sayyad Khodai di alun-alun Imam Hussein di Teheran.

 

RIBUAN orang menghadiri pemakaman seorang kolonel Garda Revolusi Iran pada Selasa (24/5) yang ditembak mati di Teheran. Pihak berwenang menyebutnya sebagai pembunuhan oleh agen-agen Amerika Serikat dan sekutunya.

Kolonel Sayyad Khodai dibunuh pada Minggu (22/5) oleh seorang pria bersenjata di bagian belakang sepeda motor saat dia duduk di mobilnya di luar rumahnya. Presiden Ebrahim Raisi berjanji pada Senin (23/5) untuk membalas pembunuhan itu. Khodai merupakan pejabat paling tinggi di Iran sejak pembunuhan ilmuwan nuklir terkemuka Mohsen Fakhrizadeh pada November 2020.

Iran menuduh Israel mendalangi serangan itu. Penyiar negara menggambarkan Khodai sebagai anggota Pasukan Quds sebagai badan operasi asing Korps Pengawal Revolusi Islam, tentara ideologis Iran. Sebelumnya dilaporkan bahwa kolonel itu dikenal di Suriah karena Iran mendukung pemerintah Assad selama 11 tahun perang saudara dan Republik Islam tersebut mengakui mengerahkan sejumlah penasihat militer.

Kerumunan besar berkumpul pada Selasa pagi di Alun-Alun Imam Hossein di Teheran tengah untuk memberi penghormatan kepada kolonel. Mereka banyak mengangkat gambar martir lain yang terbunuh di luar negeri.

Di dekatnya, ada papan reklame yang bersumpah pembalasan tegas untuk Khodai didirikan di samping potret Jenderal Qasem Soleimani, seorang komandan Pasukan Quds yang dihormati dan terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak AS di Irak pada Januari 2020. Upacara dimulai sekitar pukul 08.30 waktu setempat dengan lagu kebangsaan dan pembacaan Al-Qur'an diikuti oleh para pengikut agama yang memberi penghormatan kepada kolonel yang terbunuh.

Doa pemakaman dipimpin oleh imam utama ibu kota, Ayatollah Kazem Sedighi. Peti mati Khodai diselimuti bendera Iran dan poster-poster memujinya sebagai martir atau syuhada. 

Satu kendaraan militer membawa peti mati ke Shohada Square, dekat tempat dia dibunuh. Sesekali teriakan, "Matilah Amerika," dan, "Matilah Israel," terdengar saat prosesi itu melintasi Teheran.

Baca juga: Presiden Iran Serukan Pembalasan Pembunuhan Kolonel Garda Revolusi

Jenazahnya dibaringkan di permakaman Behesht-e Zahra di selatan Teheran, dekat makam pengawal Soleimani, yang juga tewas dalam serangan AS pada 2020, kata televisi pemerintah. Juru bicara kepala staf gabungan angkatan bersenjata Iran, Jenderal Abolfazl Shekarchi, mengatakan pada Senin bahwa penyelidikan dibuka untuk mengetahui keadaan seputar pembunuhan Khodai.

Garda Revolusi mengecam pembunuhannya sebagai tindakan teroris dan menyalahkannya kepada elemen arogansi global yakni mengacu kepada AS dan sekutunya, termasuk Israel. Menurut televisi pemerintah, Khodai lahir di kota barat laut Mianeh, di provinsi Azerbaijan Timur, pada 1972. Pemakamannya dihadiri oleh kepala Pengawal Revolusi Hossein Salami dan komandan Pasukan Quds Esmail Qaani. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

India Siap Jadi Mediator Rusia-Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 15:05 WIB
India mengartikulasikan posisinya untuk mendamaikan konflik Ukraina-Rusia dengan lebih kuat. Dalam hal ini, untuk melawan kritik bahwa...
AFP/OLIVIER DOULIERY

Musk Terpaksa Beli Twitter US$44 M

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 12:55 WIB
Musk di tengah negosiasi, keluar dan berencana membatalkan niatnya akibat data pengguna keliru dengan 5% dari total akun Twitter...
Sasu Makinen / Lehtikuva / AFP

Finlandia Singkirkan Patung Lenin Termenung

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 09:45 WIB
Ratusan rakyat Finlandia turut menyaksikan bagian dari pembersihan simbol dan pengaruh komunisme di negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya