Kamis 06 Januari 2022, 17:29 WIB

PBB Kecam Serangan terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Libanon

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
PBB Kecam Serangan terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Libanon

AFP/Mahmoud Zayyat.
Kendaraan pengangkut personel lapis baja dari United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) di Libanon selatan.

 

PERSERIKATAN Bangsa-Bangsa mengecam serangan terhadap pasukan penjaga perdamaian di Libanon selatan. Menurutnya, tindakan tersebut tidak dapat diterima.

Para pasukan penjaga perdamaian, anggota Pasukan Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon (UNIFIL), diserang oleh orang tak dikenal pada Selasa (4/1) malam. "Kendaraan PBB mereka dirusak dan barang-barang resmi dicuri," ungkap Juru Bicara Stephane Dujarric pada Rabu (5/1) tanpa merinci sifat kerusakan atau keadaan para korban.

Dujarric mencatat bahwa penjaga perdamaian tidak berada di properti pribadi atau mengambil foto, bertentangan dengan beberapa disinformasi media berikutnya. Sebaliknya, mereka sedang dalam perjalanan untuk menemui anggota Angkatan Bersenjata Libanon untuk patroli rutin, menurutnya.

"Penolakan kebebasan bergerak UNIFIL dan agresi apa pun terhadap mereka yang melayani tujuan perdamaian tidak dapat diterima," tutur Dujarric, sebelum meminta pemerintah Libanon untuk menyelidiki dengan cepat dan menuntut semua yang bertanggung jawab atas kejahatan ini.

Baca juga: Menlu: Tidak Boleh Ada Negara yang Klaim Perairan Indonesia  

UNIFIL yang terdiri dari sekitar 13.000 penjaga perdamaian PBB telah beroperasi di Libanon selatan sejak 1978 dan bertanggung jawab untuk memantau gencatan senjata di sepanjang perbatasan dengan Israel. (Straitstimes/OL-14)

Baca Juga

AFP

Sydney Dikepung Banjir, Ribuan Warga Dievakuasi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:55 WIB
Sejumlah pusat evakuasi telah dibuka di beberapa titik di wilayah Sydney. Warga pun diminta lebih waspada dan membatalkan rencana...
AFP

Warga Ohio Turun ke Jalan Protes Penembakan Lelaki Kulit Hitam oleh Polisi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:50 WIB
Jayland ditemukan tewas di area parkir mobil. Berdasarkan investigasinya tidak ada bukti Walker sempat melepaskan tembakan ke arah...
Bagus SARAGIH / AFP

Rusia Kuasai Lysychansk

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:38 WIB
Pengambilalihan Lysychansk oleh Rusia berarti Moskow telah memenangkan kendali atas seluruh wilayah Luhansk serta lebih dari setengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya