Minggu 26 September 2021, 16:28 WIB

Mali Minta Bantuan Rusia untuk Memerangi Gerilyawan

Mediaindonesia.com | Internasional
Mali Minta Bantuan Rusia untuk Memerangi Gerilyawan

news.un.org
Situasi Mali

 

Mali meminta sebuah perusahaan militer milik swasta di Rusia untuk membantunya memerangi gerilyawan, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Sabtu (25/9) di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Junta militer Mali yang berumur setahun itu hampir mencapai kesepakatan dengan Warner Group, perusahaan bidang jasa militer milik swasta di Rusia, sejumlah sumber mengatakan kepada Reuters.

Langkah Mali itu memicu oposisi dari Prancis, yang mengatakan tindakan itu "tidak sejalan" dengan keberadaan Prancis yang masih berlanjut di negara Afrika Barat tersebut. "Mereka memerangi terorisme, secara kebetulan, dan mereka telah beralih ke perusahaan militer milik swasta dari Rusia sehubungan dengan fakta bahwa, seperti yang saya pahami, Prancis ingin secara signifikan menarik komponen militernya yang ada di sana," kata Lavrov tentang junta Mali saat konferensi pers.

Kementerian pertahanan Prancis menolak berkomentar.

Junta militer Mali mengatakan pihaknya akan mengawasi transisi demokrasi menuju pemilihan umum pada Februari 2022.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell pada Jumat (24/9) mengatakan dia memberi tahu Lavrov dan mitranya dari Mali minggu ini di New York bahwa Uni Eropa akan menganggap bahwa kemungkinan untuk menggunakan jasa Wagner Group tersebut sudah keluar batas dan "akan ada konsekuensinya pada kerja sama kami."

Para menteri luar negeri Uni Eropa membahas masalah tersebut pada Senin selama pertemuan tertutup di sela-sela sidang tahunan para pemimpin dunia di Majelis Umum PBB di New York.

Lavrov mengatakan pemerintah Rusia tidak ada hubungannya dengan kesepakatan antara perusahaan militer swasta dan Mali. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Jiji Press.

Jepang dan Prancis Konfirmasi Kasus Pertama Covid-19 Omicron

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 30 November 2021, 16:51 WIB
Langkah Jepang itu bergabung dengan Israel dalam memberlakukan beberapa kontrol perbatasan yang paling ketat sejak penemuan varian baru...
AFP/Jeff J Mitchell - Pool/Getty Images

Sandra Mason, Presiden Pertama Barbados

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 13:00 WIB
Mason akan menggantikan posisi Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin negara di kawasan Karibia itu, saat dia dilantik pada Selasa (30/11) WIB...
AFP/Remko de Waal

Polisi Belanda Tangkap Pasangan yang Kabur dari Karantina Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 12:10 WIB
Kepolisian perbatasan Belanda mengatakan pasangan laki-laki Portugal dan perempuan Spanyol itu ditangkap di atas pesawat yang menuju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya