Kamis 19 Agustus 2021, 17:56 WIB

Al-Qaeda Yaman Sambut Taliban dan Cela Demokrasi

Mediaindonesia.com | Internasional
Al-Qaeda Yaman Sambut Taliban dan Cela Demokrasi

AFP/Hoshang Hashimi.
Seorang pejuang Taliban menaiki kendaraan di sepanjang tenda darurat saat muslim Syiah membagikan serbat kepada orang-orang, Kamis (19/8).

 

CABANG Al-Qaeda Yaman pada Rabu (18/8) mengucapkan selamat kepada Taliban yang mengambilalih Afghanistan. Mereka berjanji untuk melanjutkan program militernya sendiri.

"Kemenangan ini mengungkapkan kepada kita bahwa jihad dan pertempuran mewakili cara (hukum Islam), legal, dan realistis untuk memulihkan hak (dan) mengusir penjajah," kata Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) dalam suatu pernyataan.

"Adapun permainan demokrasi dan bekerja dengan pasifisme sederhana merupakan fatamorgana yang menipu, bayangan sekilas, dan lingkaran setan yang dimulai dengan nol dan diakhiri dengan itu," kata pernyataan yang dibawa oleh kelompok intelijen SITE yang memantau jaringan jihadis di seluruh dunia.

Taliban telah melindungi pemimpin Al-Qaeda Osama Bin Laden selama pemerintahannya dari 1996 hingga 2001. Pasukan pimpinan AS lantas menggulingkan mereka sebagai tanggapan atas serangan 11 September.

Amerika Serikat menganggap AQAP sebagai cabang paling berbahaya dari jaringan global Al-Qaeda. AS telah melakukan serangan pesawat tak berawak terhadap para pejuangnya di Yaman segera setelah serangan 9/11.

Namun pada Minggu, para pejuang AQAP di Provinsi Bayda, Yaman tengah, dan provinsi selatan Shabwa merayakan kembalinya Taliban ke kekuasaan di Afghanistan dengan kembang api dan menembakkan tembakan ke udara, kata penduduk kepada AFP.

Baca juga: Lima Janji Taliban di Afghanistan

Kelompok Muslim Sunni garis keras itu telah mengambil keuntungan dari perang Yaman sejak 2014 antara pemerintah yang diakui secara internasional dan pemberontak Huthi yang didukung Iran. Mereka memperkuat kehadiran di Yaman selatan. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ilustrasi

Prancis Luncurkan Satelit Komunikasi Militer Canggih

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 19:15 WIB
Satelit dapat mengamati sekelilingnya dan bergerak sendiri untuk menghindari...
AFP/TIMOTHY A. CLARY

Taiwan-AS Bahas Soal Partisipasi Taiwan di PBB

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 17:15 WIB
Tiongkok mengatakan bahwa Taiwan adalah salah satu provinsinya, sehingga memiliki hak tunggal untuk mewakili Taiwan secara...
AFP

Utusan AS Desak Korea Utara Hentikan Uji Coba Rudal

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:38 WIB
Perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim bertemu dengan mitra selatannya Noh Kyu-duk setelah pertemuan dengan mitra Jepang mereka di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya