Senin 09 Agustus 2021, 20:03 WIB

Hamas Terkejut dengan Hukuman Saudi atas Warga Palestina dan Yordania

Mediaindonesia.com | Internasional
Hamas Terkejut dengan Hukuman Saudi atas Warga Palestina dan Yordania

AFP/Karim Jaafar.
Ismail Haniyeh.

 

HAMAS menyatakan keterkejutan atas keputusan yang dikeluarkan oleh pengadilan Arab Saudi terhadap sejumlah besar warga Palestina dan Yordania yang tinggal di Kerajaan. 

Menurut Hamas, 69 anggota dan pendukung Palestina dan Yordania dijatuhi hukuman oleh pengadilan Saudi pada Minggu (8/8) dengan hukuman penjara mulai dari tiga hingga 21 tahun.

Orang-orang itu ditangkap tiga tahun lalu dan dituduh berafiliasi dengan organisasi teroris dan menggalang dana atas namanya.

Hamas merupakan cabang dari Ikhwanul Muslimin. Organisasi asal Mesir tersebut telah ditetapkan oleh Arab Saudi dan sejumlah negara Teluk sebagai organisasi teroris.

"Saudara-saudara ini tidak melakukan sesuatu yang mengharuskan hukuman keras dan tidak adil ini oleh pengadilan," kata Hamas dalam pernyataan sebagaimana dikutip dari The Jerusalem Post. "Yang mereka lakukan hanyalah mendukung tujuan mereka dan orang-orang yang menjadi milik mereka, tanpa menyinggung kerajaan dan rakyatnya."

Baca juga: Hamas Ingatkan Arab Saudi tidak Berpihak kepada Israel

Hamas menyambut baik keputusan pengadilan untuk membebaskan beberapa terdakwa. Akan tetapi mengatakan, "Menyesalkan hukuman yang keras dan tidak pantas terhadap sebagian besar dari mereka."

Hamas meminta para pemimpin Saudi untuk segera membebaskan orang-orang itu. "Dan mengakhiri penderitaan mereka dan penderitaan keluarga mereka yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun," ujarnya.

Putusan pengadilan muncul setelah penahanan tiga tahun terhadap 69 tahanan di penjara Saudi, termasuk perwakilan Hamas yang berusia 80 tahun di Arab Saudi, Dr. Muhammad al-Khudari, yang dijatuhi hukuman 15 tahun penjara.

Menurut Amnesty International, al-Khudari telah menjalani operasi dan dirawat karena kanker prostat ketika pihak berwenang Saudi menangkapnya dan putranya, Hani, pada 4 April 2019.

Pihak berwenang Saudi mencegah kerabat tahanan menghadiri ruang sidang saat hukuman diucapkan, kecuali satu orang dari keluarga masing-masing tahanan.

Baca juga: Pengadilan Saudi Vonis Perwakilan Hamas 15 Tahun Penjara

Hamas mengatakan bahwa di antara mereka yang dijatuhi hukuman pada Minggu ialah Jamal al-Dahudi, 15, Sharif Nasrallah, 16, Ayman al-Akkad, 4, dan Ali al-Shweiki, 12. (OL-14)

Baca Juga

AFP/NELSON ALMEIDA

Brasil Hapus Aturan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 bagi Pelancong Asing

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:09 WIB
Sampai saat ini, satu-satunya persyaratan adalah menunjukkan hasil tes PCR...
Foto/DOK PUSPEN TNI

Menlu: Indonesia Komitmen Tambah 1.000 Personel Penjaga Perdamaian

👤 Nur Aivanni 🕔Rabu 08 Desember 2021, 14:34 WIB
Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa pelatihan dan peningkatan kapasitas diperlukan untuk mendukung peacekeepers yang seringkali bertugas...
AFP/BERTRAND GUAY

Prancis Catat Rekor Kasus Harian Covid-19

👤Nur Aivanni  🕔Rabu 08 Desember 2021, 13:31 WIB
168 pasien covid-19 meninggal dalam 24 jam terakhir, dan 12.714 pasien saat ini dirawat di rumah sakit di seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya