Selasa 03 Agustus 2021, 15:00 WIB

AS Janji Pimpin Tanggapan Bersama Terkait Serangan Kapal Tanker Israel

Nur Aivanni | Internasional
AS Janji Pimpin Tanggapan Bersama Terkait Serangan Kapal Tanker Israel

FOTO/mtmercerstreet.com
Kapal tanker MT Mercer Street, yang dikelola oleh miliarder Israel terkemuka Eyal Ofer yang diserang di lepas pantai Oman.

 

AMERIKA Serikat (AS), Senin (2/8), berjanji untuk memimpin tanggapan kolektif terhadap Iran sebagai pembalasan atas serangan yang mematikan terhadap sebuah kapal tanker yang terkait dengan Israel.

AS dan Israel sama-sama mengatakan bahwa intelijen mereka menyimpulkan bahwa sebuah pesawat tak berawak Iran pada Kamis (29/7) menyerang kapal tanker MT Mercer Street, yang dikelola oleh miliarder Israel terkemuka Eyal Ofer, saat berlayar di lepas pantai Oman.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut insiden MT Mercer Street sebagai ancaman langsung terhadap kebebasan navigasi dan perdagangan. "Kami berkomunikasi, berkoordinasi, dengan Inggris, Israel, Rumania dan negara-negara lain. Dan akan ada tanggapan kolektif," kata Blinken kepada wartawan.

Inggris memanggil duta besar Iran dan menuntut agar kapal berlayar dengan bebas di wilayah yang kaya akan minyak itu.

"Saya pikir Iran harus menghadapi konsekuensi dari apa yang telah mereka lakukan," kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson kepada wartawan.

Dalam sebuah pernyataan, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan bahwa Israel harus menghentikan tuduhan tak berdasar seperti itu dan meminta Amerika Serikat dan Inggris untuk memberikan bukti jika ada untuk mendukung klaim tanggung jawab Teheran.

Iran, katanya, tidak akan ragu untuk melindungi keamanan dan kepentingan nasionalnya, dan akan segera dan tegas menanggapi segala kemungkinan tindakan.

Kementerian Luar Negeri Iran, kata kantor berita negara IRNA, juga memanggil kuasa usaha Inggris dan duta besar Rumania untuk menolak tuduhan tak berdasar atas kapal itu.

Insiden itu terjadi menjelang pelantikan Ebrahim Raisi sebagai presiden baru Iran pada Selasa. Raisi menggantikan Hassan Rouhani yang telah mencoba untuk meningkatkan hubungan dengan Barat.

Al-Alam, jaringan berbahasa Arab yang dijalankan oleh Iran, mengutip sumber yang mengatakan bahwa insiden Mercer tersebut adalah tanggapan atas serangan Israel di bandara di Suriah, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Blinken tidak melihat tanda-tanda yang baru saat Raisi mengambil alih. "Kami telah melihat serangkaian tindakan yang diambil oleh Iran selama berbulan-bulan, termasuk terhadap pelayaran, jadi saya tidak yakin bahwa tindakan khusus ini adalah sesuatu yang baru atau menandakan apa pun untuk pemerintah baru," kata Blinken. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP/Mohammed Abed.

Israel akan Tambah 3.000 Izin lagi bagi Pedagang Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 22:26 WIB
Badan Kementerian Pertahanan Israel yang bertanggung jawab untuk urusan sipil di wilayah Palestina, COGAT, mengatakan jumlah izin pedagang...
AFP/Khalil Mazraawi.

Didera Isu Korupsi, Ikhwanul Muslimin bakal Terpecah Menjadi Dua?

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:49 WIB
Mounir menunjuk Osama Suleiman dan Sohaib Abdel-Maqsoud yang berbasis di London sebagai juru bicara kelompok...
AFP/Joseph Prezioso.

Bulan Depan, AS Suntik Vaksin Covid-19 kepada Anak Usia 5-11

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:21 WIB
Tim ahli CDC akan bertemu pada 2-3 November mendatang. Badan tersebut diharapkan untuk membuat rekomendasi segera...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya