Kamis 15 Juli 2021, 19:36 WIB

Israel Tangkap Puluhan Mahasiswa Palestina yang Dituduh Berbuat Teror

Mediaindonesia.com | Internasional
Israel Tangkap Puluhan Mahasiswa Palestina yang Dituduh Berbuat Teror

AFP/Abbas Momani.
Kerabat mahasiswa Universitas Birzeit Palestina Fadi Wahha, yang ditembak pasukan keamanan Israel selama protes, membawa jenazah, 3 Juni.

 

TENTARA Israel mengatakan, Kamis (15/4), menangkap sekitar 20-30 mahasiswa Palestina di Tepi Barat yang diduduki. Mereka dituduh menjalankan operasi teror dari kelompok Islam Hamas.

Sumber-sumber Palestina mengatakan kepada AFP bahwa puluhan mahasiswa dari Universitas Birzeit ditangkap ketika mereka kembali dengan bus dari desa Turmus Ayya. Awal bulan ini pasukan Israel menghancurkan rumah keluarga seorang Palestina Amerika yang sedang menunggu persidangan atas tuduhan menembak seorang mahasiswa Yahudi di Tepi Barat awal tahun ini.

"Beberapa operasi teror ditangkap terlibat langsung dalam kegiatan teror, termasuk transfer uang, hasutan, dan organisasi kegiatan Hamas di Yudea dan Samaria," kata tentara Israel menggunakan istilah Alkitab untuk Tepi Barat.

Hamas, yang menguasai Jalur Gaza dan terlibat dalam konflik 11 hari dengan Israel pada Mei, dimasukkan dalam daftar hitam sebagai organisasi teroris oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Pada pernyataan Rabu malam mengumumkan penangkapan lusinan pelaksana operasi teror dari kelompok mahasiswa di Universitas Birzeit. Operasi gabungan yang melibatkan tentara, polisi, dan badan keamanan domestik Shin Bet menahan mereka.

Seorang juru bicara militer mengatakan kepada AFP, Kamis, bahwa jumlah yang ditahan antara 20-30. Shin Bet telah mengambil alih penyelidikan.

Universitas Birzeit dalam pernyataan menyuarakan keprihatinan atas nasib mahasiswanya. Perguruan tinggi itu mengutuk penangkapan tersebut sebagai pelanggaran terhadap semua hukum dan norma internasional yang menjamin hak mahasiswa untuk berkelompok.

"Universitas meminta masyarakat internasional untuk segera campur tangan untuk mengamankan pembebasan mereka," kata pernyataan itu. Sumber-sumber Palestina, yang meminta anonimitas, mengatakan beberapa mahasiswa diharapkan akan segera dibebaskan, tetapi yang lain menghadapi penahanan yang berlarut-larut. (OL-14)

Baca Juga

AFP/JOHN ANGELILLO

Abbas Ultimatum Israel Agar Tinggalkan WIlayah Palestina Dalam Tempo 1 Tahun

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 September 2021, 10:22 WIB
"Kami menegaskan Israel, sebagai kekuatan penjajah, memiliki waktu satu tahun untuk keluar dari wilayah Palestina, yang mereka duduki...
AFP/Gianni BIDDAU

Dibebaskan dari Penjara, Puigdemont Bisa Tinggalkan Italia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 September 2021, 09:30 WIB
Pria berusia 58 tahun, yang ditahan selama semalam setelah ditahan pada Kamis (23/9), kini bebas meninggalkan Italia namun harus kembali...
AFP/Don MacKinnon

Sempat Ditahan 3 Tahun, Eksekutif Huawei Dibebaskan Kanada

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 September 2021, 09:15 WIB
Meng ditahan di Kanada setelah AS menudingnya melakukan pebnipuan terhadap bank HSBC dalam upaya melanggar sanksi AS terhadap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rivalitas Sengit Menjadi Panglima

PERSAINGAN antara KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto makin sengit.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya