Selasa 29 Juni 2021, 16:39 WIB

Dokumen Rahasia Ada di Halte Bus, Pemerintah Inggris Minta Maaf

Lidya Tannia Bangguna | Internasional
Dokumen Rahasia Ada di Halte Bus, Pemerintah Inggris Minta Maaf

AFP/Irakli Gedenidze.
Kapal perusak Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Defender tiba di pelabuhan Laut Hitam Batumi pada 26 Juni 2021.

 

KEMENTERIAN Pertahanan Inggris meminta maaf setelah dokumen rahasia yang menilai pergerakan kapal perang Angkatan Laut Kerajaan di Laut Hitam ditemukan di halte bus. Menteri pertahanan junior, Jeremy Quin, mengatakan kepada parlemen bahwa pemerintah sangat menyesal atas kesalahan tersebut, yang ia tuduhkan kepada seorang pejabat senior kementerian.

Salah satu dokumen, yang ditemukan oleh seorang anggota masyarakat di Kent, Inggris tenggara, dan diserahkan kepada BBC bertuliskan Secret: UK Eyes Only. BBC melaporkan pada Minggu bahwa cache kertas tersebut membahas kemungkinan tanggapan Rusia terhadap HMS Defender Angkatan Laut Kerajaan yang melakukan perjalanan melalui perairan Ukraina di lepas pantai Crimea.

Rusia pekan lalu mengatakan pihaknya melepaskan tembakan peringatan ke kapal perusak tersebut karena melanggar perairan teritorialnya, sehingga mempererat hubungan diplomatik antara London dan Moskow. Namun, Quin mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dokumen yang hilang itu sekarang telah kembali ke kementerian dan akses individu ke materi sensitif itu telah ditangguhkan, sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Menurut Quin, ada seorang pegawai yang namanya tidak disebutkan melaporkan kehilangan dokumen tersebut. Quin curiga bahwa kejadian ini merupakan kesalahan individu tersebut. Saya tidak ingin berprasangka terhadap penyelidikan tetapi tampaknya ini kesalahan oleh individu itu," ujarnya.

 

Diduga, dokumen tersebut juga memuat rencana kemungkinan kehadiran militer Inggris yang berkelanjutan di Afghanistan setelah berakhirnya operasi NATO yang dipimpin AS akhir tahun ini. "Kami tidak memiliki catatan dokumen yang hilang di tingkat rahasia di atas dalam 18 bulan terakhir. Tapi jelas ini seharusnya tidak pernah terjadi," kata Quin. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Mohammed Abed.

Israel akan Tambah 3.000 Izin lagi bagi Pedagang Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 22:26 WIB
Badan Kementerian Pertahanan Israel yang bertanggung jawab untuk urusan sipil di wilayah Palestina, COGAT, mengatakan jumlah izin pedagang...
AFP/Khalil Mazraawi.

Didera Isu Korupsi, Ikhwanul Muslimin bakal Terpecah Menjadi Dua?

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:49 WIB
Mounir menunjuk Osama Suleiman dan Sohaib Abdel-Maqsoud yang berbasis di London sebagai juru bicara kelompok...
AFP/Joseph Prezioso.

Bulan Depan, AS Suntik Vaksin Covid-19 kepada Anak Usia 5-11

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:21 WIB
Tim ahli CDC akan bertemu pada 2-3 November mendatang. Badan tersebut diharapkan untuk membuat rekomendasi segera...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya