Jumat 07 Mei 2021, 20:55 WIB

"Jalan tikus" Perbatasan RI-Malaysia Ditutup Jelang Idul Fitri

Antara | Internasional
"Jalan tikus" Perbatasan RI-Malaysia Ditutup Jelang Idul Fitri

ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/Yudha Sakti patroli di perbatasan Indonesia-Malaysia

 

SATUAN Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia Yonif 407/PK meningkatkan pengawasan dan menutup jalan tikus di sepanjang perbatasan, khususnya wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021.

"Kami meningkatkan pengawasan dan menutup jalan-jalan tikus di sepanjang perbatasan di sektor kami untuk mencegah terjadinya kegiatan ilegal dan menindaklanjuti larangan mudik," kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan kepada ANTARA di Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, hari ini.

Selain itu, kata Catur, Pamtas juga bekerja sama dengan Satgas COVID-19 untuk mengantisipasi sebaran COVID-19 dari luar negeri. Dengan adanya larangan mudik pihaknya bersama tim gabungan TNI, Polri dan Satgas COVID-19 melakukan pemeriksaan terhadap pelintas dan arus kendaraan di daerah perbatasan.

Di tempat terpisah, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi menegaskan yang perlu diwaspadai yaitu jalur perbatasan, baik antara RI-Malaysia maupun Sintang-Kapuas Hulu.

Baca juga: Australia Berencana Tutup Perbatasan Hingga Akhir 2022

Ia menyebutkan pengawasan di perbatasan memang perlu diperketat, karena sangat rentan terhadap sebaran COVID-19 dan arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Tiap pintu masuk ada posko pengawasan terhadap larangan mudik yang dilakukan oleh tiga pilar ,yaitu Polri, TNI dan pemerintah daerah untuk memutus mata rantai sebaran COVID-19 dan arus mudik," kata Wedy.

Menurut Wedy, dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri telah didirikan pos pelayanan dan pengawasan yang tergabung dalam Operasi Terpusat Ketupat Tahun 2021.

"Kami terus memberikan edukasi preventif bersama tiga pilar kepada masyarakat, hilangkan ego sektoral, kita tingkatkan sinergi, komitmen, dan konsisten," pesan Wedy.(OL-4)

Baca Juga

AFP

Thailand Larang Masuk Pelanckng dari Delapan Negara Afrika

👤Ant 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:08 WIB
Pengumuman itu muncul saat sejumlah negara-negara di Asia memperketat perbatasan karena khawatir dengan varian...
AFP/Hazem Bader.

Hamas Peringatkan Dampak Presiden Israel Nyalakan Lilin di Masjid Ibrahimi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 20:44 WIB
Situs suci, yang dikenal umat Islam sebagai masjid Ibrahimi dan orang Yahudi sebagai Gua Patriark, dihormati oleh kedua...
AFP/LAURENS BOSCH

61 Pelancong dari Afrika Selatan Dinyatakan Positif Covid-19 di Belanda

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 27 November 2021, 19:44 WIB
Pemerintah Belanda melarang semua perjalanan udara dari Afrika bagian selatan pada Jumat (26/11)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya